Pengertian Cinta

Pengertian Cinta

Cinta berarti kasih sayang. Sudah kodrat manusia untuk saling menyayangi, karena hakikatnya manusia menyukai hal yang baik dan cinta itu sebenarnya sangat baik. Untuk lebih mengerti apa itu cinta, silakan simak pengertian cinta yang Trigonal Media ambil dari beberapa pendapat tepercaya.

Pengertian Cinta

Menurut Ath-Thahir1 (2006:19) cinta adalah

kecenderungan dan ketertarikan hati yang terjadi di antara kedua belah pihak, yaitu pihak yang dicintai dan pihak yang mencintai.

Keadaan ini dapat terlihat melalui reaksi kedua belah pihak dalam kondisi tertentu sesuai cinta yang terjalin dan tingkatan klasifikasinya, dan juga mengikuti tingkat kecenderungan dan selera nalurinya masing-masing meskipun menyangkut hubungan antara manusia dengan benda.

Sedangkan Ibu Hazm dalam Ath-Thahir1 (2006:20) menjelaskan apa itu cinta dengan lebih terperinci sebagai berikut:

Jiwa orang yang dimabuk cinta menjadi lugu dan polos, secara insting mengetahui idola jiwa yang sejak dahulu menjadi dambaannya. Untuk itu, masing-masing akan menuju padanya dan mencarinya dengan menggebu-gebu untuk bersua dengannya dan berpaya menariknya guna mendapatkannya, perihalnya sama dengan magnet dan besi. Kekuatan inti magnet yang dihubungkan dengan kekuatan inti besi akan menimbulkan reaksi yang sulit untuk dikendalikan atau dipisahkan, sebab besi akan mengejar benda yang sesuai dengannya. Ia akan bergerak ke arahnya, sebab gerakan itu selalu menuju ke tarikan yang terkuat. Sementara kekuatan besi bersifat negatif, tidak memiliki daya tangkal yang menahannya. Ia dengan sendirinya akan mencari benda yang sesuai dengannya dan bergerak ke arahnya secara alami.

Tetapi lain lagi dengan pendapat Ibnu Qayyim2 (1991:275), beliau lebih spesifik menjelaskan pengertian cinta kepada pasangan, yaitu:

naluri cinta yang diciptakan oleh Allah SWT dalam diri manusia berikut dengan segala unsur dan ciri-ciri khasnya, baik yang bersifat rohani maupun yang bersifat materi.

Sedangkan menurut Wikipedia3, cinta adalah

suatu perasaan yang positif dan diberikan kepada manusia atau benda lainnya. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan senantiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda.

Dari beberapa pendapat di atas, maka kita dapat menyimpulkan bahwa cinta ialah:

insting alami manusia yang diciptakan Allah SWT sehingga mereka dapat memberikan dan menyebarkan kebaikan di muka bumi, baik itu kepada manusia, hewan atau pun benda dengan cara yang halal dan benar.

 

Menurut pendapat Anda apakah itu cinta? Baik secara khusus kepada pasangan maupun secara umum. Jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Fat-hi Muhammad Ath-Thahir Ghayati. (2006). Beginilah Seharusnya Suami Istri Saling Mencintai. Bandung: Irsyad Baitus Salam
2. Ibnu Qayyim Al-Jauziyah. (1991). Al-Jawab Al-Kafi. Libanon: Dar Ihya Al-Kutub Al-Arabiyah
3. wikipedia.com. Cinta. Diakses pada tanggal: 07/08/2015
Gambar:
Dokumen pribadi

dimuat...
Admin
Ordinary boy (not yet a man), happy husband, and proud dad. Sering nongkrong di blog pribadinya: Blog Bang Fuji

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool