--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Pengertian Tema

Tema adalah pokok pikiran dari sebuah karya sastra, tapi tahukah Anda apa itu pengertian tema? Berikut ini beberapa definisi tema menurut para ahli.

Pengertian Tema

Apabila kita membaca salah satu karya sastra, misalnya cerpen atau novel, kita sering merasakan adanya suatu konsep sentral yang dikembangkan dalam cerita. Konsep sentral itu diceritakan oleh pengarang dengan maksud hendak menyampaikan gagasan, atau pikiran utama. Jika Anda pernah menemukan hal tersebut berarti Anda telah menemukan tema dari karya sastra tersebut.

Pengertian tema menurut Tarigan

Tarigan (1993:125) mengemukakan bahwa 

tema adalah pandangan hidup yang tertentu atau perasaan tertentu mengenai kehidupan atau rangkaian nilai-nilai tertentu yang membentuk atau membangun dasar/gagasan utama dari suatu karya sastra.

Pengertian tema menurut Aminudin

Pendapat lain dikemukakan pula oleh Aminudin (1995:91) yaitu

tema adalah ide yang mendasari suatu cerita sehingga berperan juga sebagai pangkal tolak pengarang dalam memaparkan karya fiksi yang diciptanya.

Pengertian tema menurut Rusyana

Sedangkan Rusyana (1988:67) berpendapat bahwa:

tema adalah dasar atau makna sebuah cerita, tema adalah pandangan hidup tertentu atau perasaan tertentu yang membentuk atau membangun dasar gagasan utama suatu karya sastra, dan semua fiksi harus mempunyai dasar atau tema yang merupakan sasaran tujuan.

 

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian tema adalah

gagasan pokok yang mendasari cerita dan memiliki kedudukan yang dominan sehingga dapat mempersatukan unsur secara bersama-sama membangun sebuah karya sastra.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi