--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Cara Manusia Mengeluarkan Pikiran

Sebagai makhluk yang berakal, manusia sering kali dihadapkan pada situasi untuk mengeluarkan pikiran mereka. Hal ini merupakan salah satu cara untuk menyampaikan pendapat dalam kaitannya untuk berkomunikasi dengan manusia lain.

Cara Manusia Mengeluarkan Pikiran

Cara manusia menuangkan pikiran mereka terbagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu sebagai berikut:

1. Bahasa lisan

Melalui bahasa lisan, manusia mengeluarkan pikiran dan pendapat mereka dengan memakai rangkaian suara yang keluar dari mulut sehingga sampai ke telinga orang yang mendengar.

Contoh:

Seorang ayah berbicara kepada anaknya mengenai baik dan buruknya hobi yang sedang digeluti oleh anaknya tersebut.

2. Bahasa tulisan

Manusia dapat menuangkan pemikirannya melalui bahasa tulisan dengan cara menyusun tanda-tanda pada batu, kayu, kertas, daun, dan lain sebagainya.

Contoh:

Paul Scholes membuat artikel tentang latihan mengoper bola yang baik di sebuah media daring.

3. Bahasa isyarat

Tidak hanya melalui bahasa tulisan maupun bahasa lisan, manusia pun bisa menggunakan isyarat untuk menyampaikan apa yang ada di pikirannya, seperti dengan menggunakan gerakan tangan, anggukan kepala, perubahan raut muka, dan sebagainya.

Contoh:

Lamaran seorang pria dijawab oleh pasangannya dengan sebuah anggukan kepala dan tangisan haru.


Perlu dicatat bahwa terdapat pula alat komunikasi lain yang digunakan oleh manusia, seperti bunyi bel atau kentungan. Akan tetapi alat komunikasi semacam itu tidak dapat dikategorikan sebagai bahasa, karena bentuk komunikasi tersebut tidak secara langsung menggunakan alat ucap atau anggota badan manusia.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Trigonal Media sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Pantai Batukaras