--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga (7 Langkah Mudah)

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga tampaknya mustahil, tapi penelitian para ahli membuktikan bahwa hal ini bisa dilakukan. Hanya saja, diperlukan beberapa penyesuaian terhadap gaya hidup dan cara makan kita sehari-hari sehingga berat badan dapat diturunkan dengan mudah.

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga (7 Langkah Mudah)

Perlu diingat bahwa penurunan berat badan bisa terjadi jika kalori yang masuk lebih kecil daripada kalori yang keluar.

Olahraga merupakan cara yang efektif untuk membakar kalori, tetapi itu bukanlah satu-satunya cara. Bahkan mungkin bisa tidak efektif apabila setelah berolahraga kita makan dengan membabibuta.

Pakar gizi memaparkan bahwa cara paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan diet atau mengurangi asupan kalori yang kita konsumsi. Tetapi tentu saja akan terasa berat jika kita langsung melakukan perubahan drastis pada porsi makan kita.

Untuk itu, silakan lakukan beberapa langkah mudah untuk menurunkan berat badan berikut ini:

1. Kenali rasa lapar

Terkadang otak salah memberikan sinyal rasa lapar, padahal sebenarnya yang kita inginkan adalah minum. Dengan mengenali apakah kita benar-benar lapar, tentu saja akan mengurangi jumlah asupan kalori yang masuk ke tubuh.

2. Kunyah makanan dengan benar

Mengunyah makanan dengan benar akan membuat makanan tersebut mudah dicerna dan pada akhirnya akan membuat lebih kenyang.

3. Perbanyak makan protein dan sayuran

Protein dan sayuran memiliki nutrisi yang kompleks sehingga tubuh membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencernanya. Hal ini sangat menguntungkan, karena berarti kita akan lebih lama merasakan kenyang dan mengurangi jumlah makanan yang kita konsumsi.

4. Hindari junkfood dan makanan ringan

Saran ini mungkin terlalu mainstream, tetapi jika kita berhasil menerapkannya maka tujuan kita untuk mengurangi berat badan akan segera terwujud. Makanan ringan dan junkfood biasanya tidak memiliki susunan serta jumlah nutrisi yang baik, hal ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Tetapkan kualitas dan kuantitas makan setiap hari

Seberapa sering kita makan dan berapa banyak makanan yang kita konsumsi setiap hari, harus kita rencanakan dengan baik serta harus dipatuhi semaksimal mungkin.

Misalnya, karena tujuan kita untuk menurunkan berat badan, maka makanlah 2 kali sehari, pada pagi dan siang hari. Jika perlu, makanlah hanya sayuran atau buah pada malah hari.

Porsinya pun perlu disesuaikan, usahakan untuk mengurangi jumlah karbohidrat dan gula yang kita konsumsi.

6. Cukup tidur

Kurang tidur tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tetapi juga akan membuat tubuh lebih sering merasa lapar.

7. Cukup minum

Minumlah sesering mungkin, sebelum dan sesudah makan, ketika beraktivitas, dan sebelum serta sesudah tidur.

Ingat, jangan minum 10 gelas sekaligus, tetapi bagilah menjadi beberapa waktu, satu jam sekali misalnya.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Mohon konsultasikan dengan tenaga ahli sebelum menggunakan informasi dari artikel ini. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul akibat dari pemakaian informasi ini. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Bang Fuji sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Wikipedia