Skip to main content

Penyebab Kesalahan Pembuktian Hipotesis

Penyebab kesalahan pembuktian hipotesis terdapat berbagai alasan yang mendasarinya, salah satunya adalah karena landasan teorinya yang kurang kuat. Di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat membuat sebuah hipotesis tidak terbukti.

Penyebab Kesalahan Pembuktian Hipotesis

1. Landasan teori

Teori yang mendasari sebuah hipotesis haruslah valid, terkini, dan relevan. Jika semua itu tidak terpenuhi maka hipotesisnya akan salah dan menyesatkan.

Untuk itulah, peneliti harus pandai-pandai dalam memilih sumber kepustakaan sehingga kesalahan semacam ini tidak akan terjadi.

2. Kesalahan sampel

Kesalahan dalam mengambil sampel ini terjadi karena sampel yang diambil tidak representatif dalam mewakili sebuah populasi, misalnya sampelnya terlalu kecil atau kurang merata.

3. Kesalahan alat pengambil data

Alat pengambil data dalam sebuah penelitian harus selalu dapat diandalkan sehingga data yang dihasilkan akan benar dan apa adanya.

4. Kesalahan perhitungan

Tidak hanya alatnya yang harus dapat diandalkan, perhitungan data pun harus terbebas dari kesalahan, karena jika terjadi kesalahan sedikit saja maka hipotesisnya bisa jadi tidak terbukti.

5. Kesalahan rancangan penelitian

Rancangan penelitian adalah strategi dan pedoman untuk menentukan langkah-langkah penelitian dalam menguji kebenaran sebuah hipotesis.

6. Pengaruh variabel luaran (extraneous variable)

Apabila sebuah data sangat dipengaruhi oleh variabel luaran, maka data yang dihasilkan tidak akan mencerminkan data yang sebenarnya, yang pada akhirnya menyebabkan hipotesisnya tidak terbukti.

 

Itulah penjelasan mengenai penyebab kesalahan pembuktian hipotesis yang berhasil Trigonal Media rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menghubungi kami. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Trigonal Media sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Foto pribadi