Skip to main content

Keterampilan Motorik Kasar Bayi

Keterampilan motorik kasar atau gross motor skill adalah keterampilan bayi yang ditopang oleh otot-otot besar seperti kaki dan lengan. Perkembangan keterampilan ini harus diperhatikan oleh setiap orang tua, karena jika terjadi penyimpangan akan segera dapat diketahui dan ditangani sesegera mungkin. Berikut ini adalah penjelasan Trigonal Media yang disadur dari berbagai sumber.

Keterampilan Motorik Kasar Bayi

Keterampilan motorik kasar meliputi keterampilan otot-otot besar lengan, kaki, dan batang tubuh, seperti berjalan dan melompat. Sebelum tingkah laku refleks menghilang, bayi sudah dapat melakukan beberapa gerakan tubuh yang lebih terkendali dan disengaja.

Pada umur sekitar 4 minggu, umumnya bayi dapat mengangkat kepalanya dari posisi tengkurap. Pada usia 3 hingga 4 bulan, bayi dapat berguling, sedangkan pada usia 4 hingga 5 bulan, bayi dapat menopang sebagian berat badan dengan kakinya.

Bayi yang berusia sekitar 6 bulan, bayi mulai dapat duduk tanpa dibantu. Usia 7 bulan, umumnya bayi dapat merangkak dan berdiri tanpa mendapatkan bantuan.

Sedangkan pada usia 8 bulan, bayi dapat menyangga tubuh hingga posisi berdiri dan pada usia 10 sampai 11 bulan, bayi dapat menggunakan kursi atau meja untuk membantunya berjalan.

Menurut Cratty (1986) dan Santrock (1995), bayi yang berusia 12 sampai 13 bulan sudah bisa berjalan tanpa bantuan.

Setelah menginjak usia 13 bulan dan mulai bisa berjalan, maka secara bertahap bayi harus mulai dilatih untuk:

  • belajar untuk menarik mainan yang ditarik dengan tali dan benang
  • menggunakan kedua tangan dan kakinya untuk menaiki tangga
  • mengendarai mainan roda empat
  • berjalan cepat atau berlari jarak pendek
  • menyeimbangkan kaki mereka dalam posisi berjongkok sambil bermain dengan benda-benda di atas lantai
  • berjalan mundur tanpa kehilangan keseimbangan
  • berlari dan menendang bola
  • melompat di tempat

Itulah penjelasan mengenai keterampilan motorik kasar yang harus dimiliki bayi yang berhasil Trigonal Media rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Mohon konsultasikan dengan tenaga ahli sebelum menggunakan informasi dari artikel ini. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul akibat dari pemakaian informasi ini. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Trigonal Media sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi