Pengertian Ringkasan

Pengertian Ringkasan

Pengertian ringkasan akan membantu Anda memahami tentang cara meringkas yang baik dan benar. Membuat ringkasan memang tidaklah mudah, apalagi jika yang diringkas itu adalah buku yang tebal. Oleh sebab itu, mengetahui definisi ringkasan menjadi hal yang sangat penting, supaya ringkasan yang kita buat menjadi lebih berbobot dan akurat.

Indonesia

Menulis ringkasan sangatlah penting, terutama ketika ingin memahami pokok pikiran dari suatu cerita. Dengan menulis ringkasan, maka kita akan dengan mudah menelaah inti suatu paragraf, artikel, bahkan novel sekalipun. Berikut Trigonal Media sajikan, sedikit penjelasan mengenai pengertian ringkasan.

Olivia (2009:30) menyatakan bahwa

ringkasan adalah suatu cara yang efektif untuk menyajikan suatu karangan yang panjang dalam bentuk yang singkat.

Sedangkan pengertian meringkas, masih menurut Olivia (2009: 62) yaitu

meringkas adalah proses belajar, dan bukan latihan membuat catatan ringkas.

Maka dapat kita simpulkan bahwa meringkas adalah suatu proses belajar menyajikan karangan yang panjang menjadi lebih singkat.

Meringkas isi suatu wacana, merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh seluruh siswa, terutama di Sekolah Dasar (SD). Dalam pembelajaran meringkas  isi wacana, siswa dituntut mampu menuliskan hal-hal penting dari informasi yang disajikan dalam suatu wacana. Penilaian dalam meringkas isi wacana, difokuskan pada ketepatan isi ringkasan dan ketepatan penulisan isi ringkasan.

Dengan memiliki kemampuan menulis ringkasan yang baik, maka siswa diharapkan dapat melihat dan menyelesaikan suatu masalah rumit dengan cara sederhana dan cepat, karena telah mengetahui gambaran umum tentang suatu wacana atau peristiwa, baik itu dalam bentuk tulisan maupun dalam masalah sehari-hari.

Setiap orang dalam membuat suatu ringkasan tentu mempunyai tujuannya masing-masing sesuai dengan kebutuhannya. Beberapa tokoh mengemukakan tujuan dari meringkas itu sendiri seperti yang dikemukakan oleh Gorys Keraf dalam Olivia (2009: 29) yaitu:

Membuat ringkasan dapat berguna untuk mengembangkan ekspresi serta penghematan kata. Latihan membuat ringkasan, menurut dia, akan mempertajam daya kreasi dan konsentrasi si penulis ringkasan tersebut. Penulis ringkasan dapat memahami dan mengetahui dengan mudah isi karangan aslinya, baik dalam penyusunan karangan, cara penyampaian gagasannya dalam bahasa dan susunan yang baik, cara pemecahan suatu masalah, dan lain sebagainya.

Dari  pernyataan di atas, dapat kita lihat bahwa meringkas memiliki manfaat yang sangat berguna untuk memahami dan mengetahui dengan mudah isi sebuah wacana, baik dalam penyusunan maupun dalam cara penyampaian gagasan.

 

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian ringkasan dengan sedikit penjelasan tambahannya. Jika Anda memiliki saran atau kritik, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengutip artikel ini, mohon sertakan tautan hidup ke situs web atau halaman ini. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
Olivia, Femi. 2009. Teknik Meringkas. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo  
Gambar:
pixabay.com

dimuat...
Admin
Ordinary boy (not yet a man), happy husband, and proud dad. Sering nongkrong di blog pribadinya: Blog Bang Fuji

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool