--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Ciri-Ciri Kegiatan Penelitian

Untuk menghasilkan penelitian yang sempurna, maka kegiatan penelitian tersebut harus memenuhi ciri-ciri sebagai berikut:

Ciri-Ciri Kegiatan Penelitian

1. Kegiatan penelitian disusun untuk memecahkan suatu masalah

Sebuah penelitian harus memiliki tujuan untuk memecahkan suatu masalah yang belum ditemukan penyelesaiannya atau ingin mencari alternatif penyelesaian lain.

Suatu kegiatan penelitian yang tidak bertujuan untuk menyelesaikan masalah, bukanlah sebuah penelitian tetapi hanya sebuah pekerjaan saja.

2. Kegiatan penelitian menekankan pada pengembangan generalisasi, prinsip-prinsip, dan teori-teori

Suatu kegiatan penelitian harus patuh untuk mengembangkan teori dan prinsip, baik itu yang sudah ada maupun membuat baru. Semua itu dilakukan supaya hasil dari penelitian tersebut dapat digunakan atau diuji oleh peneliti lain.

3. Kegiatan penelitian harus memiliki objek yang dapat diobservasi

Sebuah kegiatan penelitian haruslah memiliki objek penelitian yang bisa diteliti, karena tanpa adanya objek tersebut maka kegiatan penelitian tersebut tidak akan berjalan.

4. Kegiatan penelitian memerlukan observasi dan dokumentasi yang lengkap

Untuk menghasilkan penelitian yang baik diperlukan proses observasi yang terperinci dan juga dokumentasi yang lengkap. Tanpa semua itu, hasil penelitian yang diperoleh bisa diragukan kebenarannya.

5. Kegiatan penelitian harus disusun dengan terperinci dan logis

Sebuah penelitian yang bisa dipertanggungjawabkan hasilnya harus didapat dari penelitian yang mendetail, jelas, tidak bertele-tele, dan logis. Semua hal tersebut harus terpenuhi, supaya hasil penelitian yang didapat dapat diperkuat, diperjelas, diperbaiki, atau bahkan dibantah dengan mudah.

 

Itulah penjelasan mengenai ciri-ciri kegiatan penelitian yang berhasil Trigonal Media rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menghubungi kami. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Bang Fuji sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi