--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Active Participle

belajar active participle

Active participle (verb-ing) adalah salah satu varian dari participle, selain dari passive participle. Silakan simak penjelasan Trigonal Pendidikan.

Berikut ini adalah ciri dan aturan penggunaan active participle (verb-ing):

  • Active participle (verb-ing) digunakan untuk membentuk continuous atau progressive tense
  • Active participle (verb-ing) digunakan sebagai sub-clause yang menunjukkan penyebab dan atau keterangan waktu (dalam bentuk short form)
  • Active participle digunakan untuk memberi penjelasan pada suatu kata benda, pengertian yang dibawakannya adalah yang me- atau yang ber-
    Contoh:
    -    The accident involving a bus and a truck took the lives of four people and injured numerous others. (Kecelakaan yang melibatkan sebuah bis dan sebuah truk memakan empat nyawa dan melukai sejumlah penumpang lainnya),
    -    The person preventing a paper is Mr. Setiawan. (Orang yang menyajikan makalah dalam seminar adalah Bapak Setiawan)
  • Active participle (verb- ing) digunakan sebagai object complement yang mengikuti kata kerja: see, hear, smell, feel, watch, notice, listen to, look at, observe, keep, find, catch, dan leave.
    Contoh:   
    -    I felt the house shaking.
    -    I saw the boat sinking.
    -    He noticed me leaving the house.
  • Active participle (verb-ing) digunakan untuk menjelaskan suatu klausa; sebagai sub-clause yang hadir setelah main clause yang memiliki pengertian dengan atau sambil me-
    Contoh:
    -    He left the room, saying no single word. (Dia meninggalkan ruangan, dengan tidak mengatakan sepatah katapun.)
    -    The spacecraft was launched to the moon early this month, carrying seven crew. (Pesawat ruang angkasa diluncurkan ke bulan awal bulan ini, dengan membawa tujuh awak.)
  • Active participle digunakan sebagai modifier dalam noun phrase-bentuk kata kerja verb-ing yang hadir sebelum suatu frase benda yang bersifat memberi penjelasan atau menerangkan frase benda bersangkutan, memiliki pengertian ‘yang [sedang] me-/ber-’.
    Contoh:
    -    A crying child is soothed by his mother. (Anak yang [sedang] menangis ditimang-timang ibunya)
    -    A good-looking boy is approaching a charming girl. (Si pria yang berparas bagus sedang mendekati si wanita yang menawan.)

 

Itulah penjelasan singkat mengenai active participle (verb-ing). Apabila ada saran atau kritik, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar atau langsung hubungi kami. Terima kasih.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengutip artikel ini, mohon sertakan tautan hidup ke situs web atau halaman ini. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
Wikipedia. Participle. Tautan: en.wikipedia.org. Diakses pada tanggal: 04/12/2014 
Gambar:
pixabay.com