Selamat datang di Trigonal Media

Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Inilah mengapa suara kita terdengar aneh di telinga kita sendiri

Pernahkah Anda mendengar suara rekaman Anda sendiri? Terdengar sangat aneh bukan? Suara rekaman kita terdengar sangat berbeda dengan suara yang biasa kita dengar sehari-hari. Mengapa bisa terjadi seperti itu? Simak ulasan Trigonal Media berikut ini.

Ilustrasi Anatomi

Ilustrasi Telinga

Terdapat penjelasan ilmiah yang sebenarnya sangat sederhana mengenai hal ini. Seperti yang dikemukakan oleh Hank Green bahwa ketika kita berbicara, selain kita mendengar suara yang keluar dari mulut, kita juga mendengar suara pantulan yang berasal dari daging dan tulang di dalam kepala kita.

Suara yang dipantulkan sekaligus dirambatkan oleh daging dan tulang tersebut, langsung terdengar oleh bagian dalam telinga kita. Selain itu, daging dan tulang sangat baik dalam merambatkan bunyi dengan frekuensi rendah, sehingga sebenarnya suara yang orang lain dengar lebih tinggi daripada yang kita dengar.

Jadi bisa kita simpulkan, suara kita terdengar berbeda oleh diri kita sendiri dan orang lain, karena kita mendengar suara yang lebih rendah daripada yang didengar oleh orang lain.

Silakan simak video penjelasannya berikut ini:

 

Hikmah Berita

Dibalik informasi ini kita bisa memetik pelajaran, bahwa apa yang kita dengar belum tentu itu yang orang lain dengar. Jika dianalogikan dengan kehidupan sosial, apa yang kita ketahui belum tentu sama dengan anggapan orang lain. Sekuat apapun kita berusaha, orang lain tidak akan pernah tahu bagaimana rasanya menjadi diri kita.

Hidup itu seperti suara kita, kita merasa bahwa diri kita lebih rendah daripada orang lain, tetapi sebenarnya jika kita berusaha mengeluarkan "suara yang baik" dari keseharian kita, maka kita akan mendapatkan penghargaan lebih tinggi oleh orang lain.

Ingatlah, jika kita ingin dihargai oleh orang lain, selain kita harus memberikan manfaat bagi lingkungan, juga dibutuhkan sebuah proses, layaknya proses rambatan suara dari mulut ke telinga kita.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengutip artikel ini, mohon sertakan tautan hidup ke situs web atau halaman ini. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
Macrina Cooper-White. This Is Why Your Voice Sounds So Frickin' Weird To You. Tautan: huffingtonpost.com. Diakses pada tanggal: 11/12/2014

Perhatian:
1. Silakan gunakan akun Facebook jika ingin berkomentar.
2. Isi komentar adalah tanggung jawab dari penulis komentar.
3. Komentar tidak pantas akan dihapus tanpa pemberitahuan.
4. Punya pertanyaan pribadi? Kontak kami di Hubungi Kami.
5. Info mengenai privasi Anda, baca Kebijakan Privasi dan Cookie.