Selamat datang di Trigonal Media

Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli

Pengertian kinerja menurut para ahli kali ini diambil dari para ahli di bidangnya masing-masing. Mengetahui pengertiannya sangatlah penting, terutama bagi mereka yang bergerak di bidang sumber daya manusia (SDM). Di bawah ini Trigonal Media berikan beberapa definisi kinerja menurut para pakar.

wanita bekerja_kinerja

Pengertian kinerja menurut Mangkunegara

Mangkunegara (2009:9) menyatakan bahwa

kinerja adalah hasil  kerja  secara  kualitas  dan  kuantitas  yang  dicapai  oleh seseorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab  yang  diberikan  kepadanya.

Pengertian kinerja menurut Tb. Sjafri Mangkuprawira

Menurut Prof. Tb. Sjafri Mangkuprawira dalam blognya ronawajah.wordpress.com (2007),

kinerja adalah kesediaan seseorang atau kelompok orang untuk melakukan sesuatu kegiatan dan menyempurnakannya sesuai dengan tanggung jawabnya dengan hasil seperti yang diharapkan.

Di blog tersebut juga dituliskan, beberapa pengertian kinerja dari beberapa ilmuwan terutama dari luar negeri.

Pengertian kinerja menurut Ilyas

Sedangkan menurut Ilyas (2001:66),

kinerja adalah penampilan hasil karya personel dalam suatu organisasi. Kinerja dapat merupakan penampilan individu maupun kelompok kerja personel. Penampilan hasil karya tidak terbatas kepada personel yang memangku jabatan fungsional maupun struktural, tetapi juga kepada keseluruhan jajaran personel di dalam organisasi.

 

Unsur-unsur dalam kinerja

Sebagai tambahan, berikut ini penulis berikan unsur-unsur kinerja yang dikutip dari Tika (2006:121):

  • Hasil-hasil fungsi pekerjaan
    Hasil-hasil fungsi pekerjaan merupakan hasil kerja yang dapat dicapai baik secara kualitas maupun kuantitas dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi yang diemban oleh masing-masing pegawai.
  • Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap prestasi karyawan atau pegawai
    Beberapa hal yang berpengaruh terhadap prestasi pegawai, di antaranya kualitas sumber daya manusia, sarana dan prasarana pendukung serta motivasi dari pimpinan untuk berprestasi.
  • Pencapaian tujuan organisasi
    Kinerja pegawai dalam suatu organisasi dapat dilihat dari pencapaian tujuan organisasi. Apakah hasil kerja yang dicapai tersebut sesuai dengan tujuan organisasi yang direncanakan sebelumnya atau tidak. Apabila sesuai dengan tujuan organisasi, maka dapat dikatakan bahwa kinerja pegawai tersebut sudah baik.
  • Periode waktu tertentu
    Suatu pencapaian kinerja dapat pula dilihat dari periode waktu yang diperlukan oleh pegawai dalam rangka penyelesaian pekerjaan. Apabila pekerjaan dapat selesai tepat waktu atau lebih cepat dari yang direncanakan, maka dapat dikatakan bahwa kinerja pegawai tersebut sudah baik.

 

Dari beberapa pengertian dan penjelasan mengenai kinerja di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa kinerja adalah bentuk kemauan seseorang atau kelompok untuk bekerja secara maksimal sehingga menghasilkan kualitas serta kuantitas kerja yang sesuai dengan yang diharapkan. Jika ada yang ingin Anda tambahkan atau koreksi, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengutip artikel ini, mohon sertakan tautan hidup ke situs web atau halaman ini. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Sjafri Mangkuprawira. Kinerja: Apa itu?. Tautan: ronawajah.wordpress.com. Diakses pada tanggal: 05/12/2014
2. Anwar Prabu Mangkunegara. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Solo: Tiga Serangkai 
Gambar:
commons.wikimedia.org

Perhatian:
1. Silakan gunakan akun Facebook jika ingin berkomentar.
2. Isi komentar adalah tanggung jawab dari penulis komentar.
3. Komentar tidak pantas akan dihapus tanpa pemberitahuan.
4. Punya pertanyaan pribadi? Kontak kami di Hubungi Kami.
5. Info mengenai privasi Anda, baca Kebijakan Privasi dan Cookie.