Cara Menghemat Baterai Smartphone

Cara Menghemat Baterai Smartphone

Cara menghemat baterai smartphone memang sebuah keharusan, karena tanpa daya yang cukup maka akan membuat keggiatan kita sedikit terhambat. Memang mengesalkan, jika baterai smartphone Android atau iPhone kita harus sering diisi ulang. Terkadang kita harus membawa baterai tambahan atau power bank untuk mengatasi masalah ini. Tapi tahukah Anda, bahwa ada salah satu aplikasi di smartphone Anda yang mengonsumsi daya cukup besar? Simak ulasan Trigonal Media berikut ini.

Ingin Baterai Smartphone Awet? Hapus Aplikasi Ini

Ternyata, aplikasi media sosial Facebook adalah aplikasi yang harus Anda hapus jika ingin menghemat daya baterai smartphone sebesar 15%. Untuk mengakses Facebook, Anda bisa memakai browser biasa, seperti Chrome, Firefox, UC Browser, dan lain sebagainya.

Tips ini berlaku untuk smartphone berbasis Android maupun iPhone, seperti dilansir Guardian.

Akhir tahun lalu, Facebook mengakui bahwa memang aplikasinya membuat daya baterai smartphone menjadi cepat habis dan berjanji akan segera mengatasi masalah ini.

"Kami menemukan beberapa masalah besar dan telah melakukan beberapa perbaikan, perubahan tersebut bisa Anda dapatkan jika mengunduh aplikasi Facebook terbaru," papar pegawai Ari Grant, seorang pegawai Facebook.

Walaupun sudah dilakukan perbaikan, tetapi tampaknya masalah tersebut masih ada. Akan tetapi, hanya dirasakan pada aplikasi Facebook utama, sedangkan Facebook Messenger tidak menunjukkan permasalahan menguras baterai. Untuk Facebook Lite, belum bisa dikonfirmasi apakah menguras baterai secara signifikan atau tidak.

Tidak bisa dipungkiri, Facebook merupakan salah satu aplikasi paling populer, terutama di Indonesia. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin menghapus aplikasi Facebook, silakan ikuti beberapa tips lain untuk menghemat daya baterai smartphone Anda, antara lain:

  1. Redupkan layar
    Salah satu pemboros daya baterai paling besar adalah tampilan layar yang terlalu terang. Untuk menghemat energi, redupkan layar serendah mungkin.
  2. Kurangi waktu screen timeout
    Atur screen timeout atau batas waktu layar Anda ke angka paling kecil, misalnya 5 detik. Hal ini dilakukan untuk mematikan layar secepat mungkin setelah Anda tidak menggunakan smartphone beberapa saat (sesuai dengan waktu yang Anda tetapkan).
  3. Tutup aplikasi yang tidak Anda gunakan
    Untuk mengurangi penggunaan daya oleh aplikasi yang tidak sedang Anda gunakan, biasakan untuk menutup aplikasi setelah menggunakannya.
  4. Matikan wi-fi
    Mematikan wifi ketika tidak sedang digunakan, akan sangat menghemat baterai smartphone Anda. Karena jika tidak ada jaringan wifi yang tersedia, smartphone akan terus mencari sinyal wifi, dan tentu saja ini akan berpengaruh signifikan terhadap daya baterai Anda.
  5. Jangan gunakan mode getar
    Daya yang dibutuhkan untuk menggetarkan smartphone, akan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan hanya membunyikan nada dering. Jadi, hindari pemakaian mode getar untuk menghemat baterai Anda.
  6. Hidupkan mode power saver
    Jika smartphone Anda mempunyai mode power saver, akan sangat membantu jika Anda memakainya, terutama jika Anda sedang tidak ingin menggunakan internet.

 

Itulah beberapa tips untuk menghemat baterai handphone Anda. Jika Anda memiliki saran lain, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.


REFERENSI
Artikel:
1. Uninstalling this one app will boost your iPhone battery by 15%. Diakses pada tanggal: 13/0/2016
2. Facebook admits its app drains your battery: Social network apologises and says it'll fix the problem. Diakses pada tanggal: 13/0/2016
3. Android problems? Deleting the Facebook app from your smartphone could improve speed and battery life. Diakses pada tanggal: 13/0/2016

dimuat...
Admin
Ordinary boy (not yet a man), happy husband, and proud dad. Sering nongkrong di blog pribadinya: Blog Bang Fuji

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool