--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Tips Memilih Kucing Untuk Dipelihara

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dipelihara, tetapi memilih kucing yang tepat untuk dipelihara, bisa dibilang, cukup sulit. Berikut ini adalah beberapa tips memilih kucing, yang bisa Anda jadikan sebagai pedoman.

Tips Memilih Kucing Untuk Dipelihara

Siapkah Anda?

Sebelum Anda memutuskan untuk memelihara kucing, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa Anda, keluarga, dan lingkungan Anda telah siap untuk menerima kehadiran kucing tersebut. Silakan jawab beberapa pertanyaan di bawah ini, dan pastikan semua jawabannya harus "Ya", karena jika tidak, maka Anda tidak siap memelihara kucing.

  1. Apakah Anda siap hidup berdampingan dengan kucing, dengan segala keuntungan dan kerugiannya?
  2. Apakah Anda siap merawat kucing dengan baik, seperti biaya kesehatan serta memberikan makan dan minum yang cukup?
  3. Apakah keluarga Anda siap menerima kucing tersebut?
  4. Apakah tetangga Anda akan menerima kucing tersebut dengan baik?
  5. Jika ada hewan lain di dalam atau di sekitar rumah Anda, apakah mereka akan menerima kucing Anda dengan baik?

Tujuan memelihara kucing

Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas dan Anda sudah siap untuk memelihara kucing, langkah selanjutnya adalah memilih jenis kucing yang tepat untuk Anda pelihara.

Perlu diperhatikan, bahwa tujuan Anda memilih kucing akan menentukan jenis kucing apa yang tepat untuk Anda pelihara.

Berikut ini adalah panduan memilih jenis kucing yang tepat:

  • Hanya untuk bermain
    Jika Anda memelihara kucing hanya untuk bermain dan melepas penat saja, maka jenis kucing apapun bisa Anda pelihara. Hanya saja, silakan sesuaikan dengan kemampuan Anda, dari segi biaya dan lingkungan.
  • Untuk mengikuti pertandingan
    Memilih kucing untuk dilombakan tentu membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya yang cukup lumayan. Sangat disarankan untuk memilih ras murni dan memiliki sertifikat yang dikeluarkan organisasi tepercaya.
  • Untuk dibiakkan
    Bisa dibilang, tujuan memelihara kucing ini adalah untuk bisnis penjualan kucing. Kucing apapun bisa jadi pilihan, tergantung pangsa pasar konsumen Anda. Tetapi tentu saja, kucing dari ras murni akan memiliki harga jual yang lebih mahal.

Ras murni atau campuran?

Menentukan pilihan antara ras murni dan campuran, sebenarnya berpijak pada kucing seperti apa yang Anda inginkan. Sifat ras kucing yang satu tidak sama dengan yang lainnya.

Secara umum, ras kucing murni memiliki sifat yang tidak jauh berbeda dengan nenek moyangnya. Sedangkan sifat kucing ras campuran lebih sulit untuk ditentukan, karena merupakan campuran dua sifat nenek moyangnya.

Jadi jika Anda menyukai kucing yang pendiam, ras kucing persia bisa menjadi pilihan yang tepat, karena memiliki sifat umum yang tenang dan tidak berisik. Lain halnya jika Anda menyukai kucing yang aktif, maka pilihlah kucing ras siamese.

Jika Anda ingin mengenal karakter kucing yang ingin Anda beli, tanyakan langsung kepada pembiaknya atau lihat karakter induk dan pejantannya.

Jantan atau betina?

Kucing jantan dan betina memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda tidak ingin direpotkan oleh kucing beranak, maka pilihlah kucing jantan.

Sebagai bahan pemikiran, kucing jantan biasanya dikebiri untuk menjaga emosinya. Tetapi kita harus ingat, kucing itu makhluk hidup dan bukan benda mati yang bebas kita perlakukan sesuka kita. Pilihan ada di tangan Anda, tetapi jika kita menyayangi kucing kita, maka kita akan menyayangi dia seutuhnya.

Karakter umum kucing sehat

Kucing yang ingin Anda pelihara haruslah sehat. Berikut ini adalah beberapa ciri kucing sehat:

  1. tingkah lakunya lincah dan aktif
  2. mata cerah dan bebas kotoran di sudut mata
  3. gigi putih bersih
  4. telinga bersih
  5. kuku bersih terawat
  6. bulu bersih dan bebas jamur
  7. kulit hidung cukup basah
  8. tulang punggung cukup besar
  9. pernafasan lancar
  10. bebas bau tak sedap
  11. bulu di sekitar ekor tidak kotor karena diare

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi