--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Pembelajaran Kooperatif

Pembelajaran kooperatif menitikberatkan bahwa tiap individu memberi sumbangan pada pencapaian tujuan individu lain. Siswa yang bekerja dalam kelompok kooperatif akan belajar lebih banyak karena berorientasi pada tujuan keberhasilan. Keberhasilan individu tergantung pada keberhasilan kelompok sehingga mereka harus saling menunjang. Belajar secara kooperatif merangsang motivasi anggota kelompok (Nur, 1996).

Remaja lebih banyak belajar pada teman sesama usianya daripada belajar kepada guru. Metode pembelajaran kooperatif mendorong siswa untuk melakukan interaksi. Pembelajaran kooperatif memiliki dampak yang amat positif terhadap siswa yang rendah hasil belajarnya.

Menurut Samani (1996), belajar kooperatif tidak hanya unggul dalam membantu siswa memahami konsep IPA yang sulit, tetapi sangat berguna untuk menumbuhkan kerjasama dan berpikir kritis.

Lonning (Musahir, 2000) menyatakan bahwa keberhasilan model pembelajaran kooperatif ditentukan oleh lima faktor yaitu:

  1. terciptanya interdependensi positif antar siswa
  2. adanya hubungan harmonis antara siswa
  3. terciptanya tukar pikiran yang dilandasi pertanggungjawaban individu
  4. adanya siswa yang mempunyai kemampuan lebih dibandingkan siswa lain dalam kelompok kecil
  5. adanya proses yang menunjang kegiatan kelompok

Secara garis besar, menurut Trigonal Media,

pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang kerja sama antara siswa dengan siswa, dan juga siswa dengan guru, sehingga tercipta suasana, proses, serta hasil pembelajaran yang baik seperti yang diharapkan.

Itulah penjelasan mengenai Pembelajaran kooperatif yang berhasil Trigonal Media rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Trigonal Media sekeluarga. Terima kasih.

Anda ingin berkomentar? punya pertanyaan? atau ingin memberikan kritik dan saran?
Sampaikan semuanya di: Hubungi Kami

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
canva.com