Pertanyaan Produktif

Pertanyaan Produktif

Pertanyaan produktif adalah pertanyaan yang dirancang dan dimunculkan sehingga menimbulkan suatu kegiatan dalam mengembangkan keterampilan proses. Pertanyaan produktif antara lain dapat merangsang siswa untuk melakukan observasi, mengajukan pertanyaan, menafsirkan informasi atau data, dan berkomunikasi (Rustaman dan Rustaman, 1997).

Menurut Jelly (Widodo, 2006) mengklasifikasikan pertanyaan menjadi pertanyaan produktif dan nonproduktif.

  • Pertanyaan produktif adalah pertanyaan yang jawabannya dapat ditemukan melalui kegiatan atau pengamatan. Pertanyaan ini merangsang kegiatan produktif atau kegiatan ilmiah.
  • Sedangkan pertanyaan non-produktif menurut Jelly (Widodo, 2006) adalah pertanyaan yang jawabannya didasarkan pada buku atau sumber kedua.

Berdasarkan anekdot yang disusunnya tentang kejadian selama pembelajaran sains, Jelly (Widodo 2006) menyimpulkan  bahwa pertanyaan produktif mampu menstimulus aktivitas produktif diri siswa dalam memperoleh pengetahuan untuk meningkatkan pemahamannya terhadap materi yang dipelajari.  Pertanyaan produktif membutuhkan jawaban siswa sebagai hasil kesimpulan dan umumnya meminta uraian jawaban.

Menurut Nurzanah (2006) beberapa studi menunjukkan bahwa sebagian besar guru-guru menekankan pada pertanyaan produktif di awal-awal pelajaran sebab mereka ingin merevisi fakta-fakta spesifik mengenai materi yang akan diajarkan.

Kembali menurut Nurzanah (2006) bahwa:

”Pertanyaan produktif akan mengajarkan guru untuk bertanya pada siswa secara efektif selama pembelajaran sains dan mengintegrasikan pemahaman sains siswa”.                

Harlen (Nurzanah, 2006) menyatakan bahwa keuntungan pertanyaan produktif merupakan  stimulan yang berfungsi pula sebagai ajakan untuk melihat lebih dekat, penelitian baru atau latihan yang baru.

Keunggulan lain dari pertanyaan produktif yang disampaikan oleh Harlen (Nurzanah, 2006) adalah sebagai berikut:

  1. Dapat memusatkan perhatian siswa
  2. Mendorong siswa melakukan kegiatan seperti menghitung dan mengukur
  3. Mendorong siswa membandingkan suatu objek
  4. Mendorong siswa memecahkan masalah

Pertanyaan produktif dapat diajukan guru saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung dan pada lembar kerja siswa (LKS). Pertanyaan pada LKS dirancang dan dimunculkan oleh guru sehingga siswa terdorong untuk mengembangkan keterampilan proses dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Penerapan pertanyaan produktif dimaksudkan untuk membimbing siswa menggunakan pikirannya untuk memperoleh pengetahuan dalam meningkatkan pemahaman terhadap materi yang sedang dipelajari.

Itulah penjelasan mengenai Pertanyaan produktif yang berhasil Trigonal Media rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Trigonal Media sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Rumput Hijau

Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Komentar

Tambah Komentar

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed