Selamat datang di Trigonal Media

Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Pengertian Belajar dan Mengajar Menurut Ahli

belajar mengajar

Pengertian belajar dan mengajar menurut para ahli berikut ini, akan membantu Anda memahami definisi kedua istilah tersebut dengan lebih baik. Kedua istilah tersebut sangat penting untuk dipahami, terutama bagi mereka yang bergelut di dunia pendidikan. Pengertian mengajar sendiri telah dijelaskan dalam artikel Perbedaan Mendidik, Mengajar, dan Melatih walaupun tidak secara khusus.

 

Pengertian Belajar

Thursan Hakim (2005:1)5 menyatakan bahwa

belajar adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan lain-lain kemampuan.

Menurut Slameto (2003:13)4,

belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Sedangkan menurut Skinner dalam Dimyati dan Mudjiono (1999:9)1,

belajar merupakan hubungan antara stimulus dan respons yang tercipta melalui proses tingkah laku.

 

Pengertian Mengajar

Nasution (1982:8)3 mengemukakan bahwa

mengajar adalah segenap aktivitas kompleks yang dilakukan guru dalam mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkannya dengan anak sehingga terjadi proses belajar.

Usman (1994:3)6 berpendapat bahwa

mengajar adalah membimbing siswa dalam kegiatan belajar mengajar atau mengandung pengertian bahwa mengajar merupakan suatu usaha mengorganisasi lingkungan dalam hubungannya dengan anak didik dan bahan pengajaran yang menimbulkan terjadinya proses belajar.

Sedangkan Hamalik (2001:44-53)2 mengemukakan,

mengajar dapat diartikan sebagai (1) menyampaikan pengetahuan kepada siswa, (2) mewariskan kebudayaan kepada generasi muda, (3) usaha mengorganisasi lingkungan sehingga menciptakan kondisi belajar bagi siswa, (4) memberikan bimbingan belajar kepada murid, (5) kegiatan mempersiapkan siswa untuk menjadi warga negara yang baik, (6) suatu proses membantu siswa menghadapi kehidupan masyarakat sehari-hari.

 

Dari beberapa pengertian di atas maka dapat kita simpulkan bahwa, belajar adalah usaha seseorang untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tingkah laku untuk menjadi pribadi yang lebih baik, sedangkan mengajar adalah rangkaian aktivitas untuk mengatur suatu lingkungan sehingga membuat peserta didik dapat belajar dengan baik.

 

Anda bebas menggunakan, mengubah, atau menyebarluaskan artikel di halaman ini, tapi mohon sertakan tautan hidup ke situs web ini. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
2. Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar,  Jakarta: Bumi Aksara
3. Nasution, S. 1982. Azas-azas Kurikulum. Bandung: Jemars
4. Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
5. Thursan Hakim. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara
6. Usman, Moh. Uzer. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Gambar:
commons.wikimedia.org

Perhatian:
1. Silakan gunakan akun Facebook jika ingin berkomentar.
2. Isi komentar adalah tanggung jawab dari penulis komentar.
3. Komentar tidak pantas akan dihapus tanpa pemberitahuan.
4. Punya pertanyaan pribadi? Kontak kami di Hubungi Kami.
5. Info mengenai privasi Anda, baca Kebijakan Privasi dan Cookie.