Peranan Wali Kelas Dalam Menanamkan Disiplin Siswa Untuk Memperlancar Proses Belajar Mengajar

Peranan Wali Kelas Dalam Menanamkan Disiplin Siswa Untuk Memperlancar Proses Belajar Mengajar

Peranan wali kelas dalam mendisiplinkan siswa untuk menyukseskan kegiatan belajar mengajar sangatlah besar. Simak ulasan Trigonal Media berikut ini.

Peranan Wali Kelas Dalam Menanamkan Disiplin Siswa

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia, pemerintah telah mengusahakan pembangunan di segala bidang, dengan mengusahakan peningkatan mutu pendidikan. Bidang pendidikan mutlak diperlukan untuk mempercepat laju pembangunan dalam menuju masyarakat adil dan makmur.

Pembangunan dapat berhasil dengan baik apabila masyarakatnya mampu mengolah dan memanfaatkan semua daya yang ada. Masyarakat sehat, kuat, terampil di segala bidang, serta mampu mandiri. Dalam hal ini pendidikan nasional memegang peranan yang penting untuk meningkatkan kader-kader pembangunan.

Pendidikan nasional merupakan perwujudan dari Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, yaitu bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, yang dalam pelaksanaannya dilaksanakan oleh lembaga-lembaga pendidikan, mulai dari taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi.

Dalam hal ini Garis-Garis Besar Haluan Negara memberikan dasar dan pengarahan dalam pembangunan pendidikan (1983:40) sebagai berikut :

“Pendidikan Nasional berdasarkan pancasila bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan, keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan, dan cinta tanah air, agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab terhadap pembangunan bangsanya.”

Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan tersebut diperlukan adanya lembaga-lembaga pendidikan yang tentunya harus ada pengelola pendidikan. Salah satu pengelola pendidikan adalah guru (termasuk wali kelas), seperti dikemukakan oleh Moh. Surya dan I Djumhur (1975:127), sebagai berikut :

“Guru (termasuk wali kelas) adalah tokoh kunci dalam kegiatan-kegiatan bimbingan di dalam kelas. Guru selalu berada dalam hubungan yang erat dengan muridnya, ia banyak mempunyai kesempatan untuk mempelajari muridnya, mengawasi tingkah laku dan kegiatannya, dan apabila ia teliti dan menaruh perhatian, ia akan mengetahui sifat-sifat muridnya, kebutuhannya, masalah-masalahnya dan titik kelemahan dan kekuatannya.”

Dari uraian di atas sudah jelas bahwa guru (termasuk wali kelas) memegang kedudukan yang sangat menentukan bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah, sehingga tercapai tujuan yang diharapkan. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan pemerintah telah menempuh berbagai cara di antaranya ialah meningkatkan mutu pendidikan dan peningkatan disiplin nasional.

Pelaksanaan disiplin di sekolah berhubungan dengan ketaatan siswa terhadap aturan-aturan yang telah ditentukan oleh sekolah. Peraturan sekolah merupakan aspek yang harus ada dalam upaya peningkatan suasana sekolah yang kondusif. Pada masa sekarang ini banyak siswa yang mengabaikan peraturan-peraturan sekolah atau tata tertib sekolah. Di sini peranan wali kelaslah yang sangat diperlukan karena wali kelaslah yang berhubungan langsung dengan siswanya. Wali kelas merupakan wakil orang tua dan kepala sekolah di lingkungan kelasnya.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar: 
Dokumen pribadi

dimuat...
Admin
Ordinary boy (not yet a man), happy husband, and proud dad. Sering nongkrong di blog pribadinya: Blog Bang Fuji

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool