Selamat datang di Trigonal Media

Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Pengertian Bauran Pemasaran

Dalam memutuskan kebijakan pemasaran kita mengenal adanya bauran pemasaran yang merupakan salah satu konsep kunci dalam teori pemasaran modern. Berikut ini pengertian bauran pemasaran menurut beberapa ahli.

Pengertian Bauran Pemasaran

Pendapat pertama berasal dari Philip Kotler (1995:112), yang menyatakan bahwa:

Bauran pemasaran adalah kelompok kiat pemasaran yang digunkan perusahaan untuk mencapai sasaran pemusatannya dalam pasar sasaran.

Dalam buku tersebut pula Kotler (1995:112) mengutip kiat-kiat pemasaran yang berhasil dipopulerkan oleh McCarthy yang disebut 4P, keempat faktor tersebut adalah:

  • product (produk),
  • price (harga),
  • place (tempat), dan
  • promotion (promosi).

Pengertian lain dari bauran pemasaran, dikemukakan oleh Lovise C. Boone dan David L. Kurtz (1995:121) adalah

Marketing mix blending the four strategy element of marketing decision making product, price, distribution and promotion satisfy chosen customer segments.
Terjemahannya: bauran pemasaran adalah pencampuran empat elemen strategi pemasaran yaitu produk, harga distribusi dan promosi yang memuaskan segmen konsumen yang terpilih.

Dari pengertian bauran pemasaran di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa ada empat variabel dari bauran pemasaran, seperti yang diungkapkan oleh Djasmin Saladin (1994:192) dan McCarthy di atas, yaitu:

  1. Produk (product) yaitu bagaimana kualitasnya, desain, cocok, merek, dan kemasan.
  2. Harga (price) yaitu berupa berapa harganya dan apakah ada rabatnya.
  3. Tempat (place) di sini kita membicarakan tentang bentuk saluran distribusinya, bentuk perantaranya, dan distribusi fisiknya.
  4. Promosi (promotion) yaitu bagaimana bauran promosi dari produk serta keempat variabel tersebut diprogram secara mantap sehingga tercapai tujuan yang diinginkan.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Philip Kotler. 1995.  Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Jilid I Edisi Bahasa Indonesia. Bandung: Tarsito
2. Berbagai sumber
Gambar:
Dokumen pribadi

Perhatian:
1. Silakan gunakan akun Facebook jika ingin berkomentar.
2. Isi komentar adalah tanggung jawab dari penulis komentar.
3. Komentar tidak pantas akan dihapus tanpa pemberitahuan.
4. Punya pertanyaan pribadi? Kontak kami di Hubungi Kami.
5. Info mengenai privasi Anda, baca Kebijakan Privasi dan Cookie.