Selamat datang di Trigonal Media

Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Pengertian akuntansi menurut Wikipedia 1 adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah. Untuk lebih jelasnya, silakan simak pengertian akuntansi menurut para ahli berikut ini.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

1. Henry Simamora

Definisi akuntansi menurut Henry Simamora (2000: 4) bahwa:

Akuntansi (accounting) adalah proses pengidentifikasian, pencatatan, dan pengkomunikasian kejadian-kejadian ekonomi suatu organisasi (perusahaan ataupun bukan perusahaan) kepada para pemakai informasi yang berkepentingan.

2. Lili M. Sadeli

Sedangkan Lili M. Sadeli (2006: 2) berpendapat bahwa:

Akuntansi adalah proses mengidentifikasikan, mengukur, dan melaporkan informasi untuk membuat pertimbangan dan mengambil keputusan yang tepat bagi pemakai informasi tersebut.

3. Weigandt, Kimmel, dan Kieso

Weigandt, Kimmel, dan Kieso (2011) menjelaskan bahwa:

Akuntansi adalah sistem informasi yang mengidentifikasi, mencatat, dan mengomunikasikan peristiwa ekonomi dari suatu organisasi kepada pihak yang memiliki kepentingan.

4. S. Munawir

S. Munawir (2002: 15) menjelaskan:

Akuntansi adalah proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi agar memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

5. Warren, Reeve, dan Duchac

Warren, Reeve, dan Duchac (2007: 7) mengemukakan bahwa:

Akuntansi adalah sistem informasi yang menyediakan informasi bagi pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas dan keadaan ekonomi perusahaan.

 

Selain pendapat di atas terdapat pula pendapat yang Trigonal Media kutip dari e-Forum Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Timur 2 berikut ini:

  • Charles T. Horngren dan Walter T.Harrison
    Akuntansi adalah sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memroses data menjadi laporan, dan mengomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.
  • Soemarso S. R.
    Akuntansi adalah suatu disiplin yang menyediakan informasi penting sehingga memungkinkan adanya pelaksanaan dan penilaian jalannya perusahaan secara efisien.
  • Rudianto
    Akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi suatu bahan usaha.
  • Amin W. (1997)
    Akuntansi adalah suatu aktivitas jasa (mengidentifikasikan, mengukur, mengklasifikasikan, dan mengikhtisarkan) kejadian atau transaksi ekonomi yang menghasilkan informasi kuantitatif terutama yang bersifat keuangan yang digunakan dalam pengambilan keputusan.
  • Abubakar A. dan Wibowo (2004)
    Akuntansi adalah proses identifikasi, pencatatan, dan komunikasi terhadap transaksi ekonomi dari suatu entitas/ perusahaan.

 

Dari beberapa definisi akuntansi menurut para ahli di atas, maka Bang Fuji berpendapat bahwa:

Akuntansi adalah seni untuk mengumpulkan, mencacat, dan memaparkan aktivitas dan keadaan keuangan suatu perusahaan untuk dipergunakan oleh orang yang berkepentingan.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Wikipedia. Akuntansi. Diakses pada tanggal: 07/10/2016
2. E-Forum Unukaltim. Resume pengertian, sifat dasar, dan siklus akuntansi. Diakses pada tanggal: 07/10/2016
3. Berbagai sumber 
Gambar: 
Dokumen pribadi

Perhatian:
1. Silakan gunakan akun Facebook jika ingin berkomentar.
2. Isi komentar adalah tanggung jawab dari penulis komentar.
3. Komentar tidak pantas akan dihapus tanpa pemberitahuan.
4. Punya pertanyaan pribadi? Kontak kami di Hubungi Kami.
5. Info mengenai privasi Anda, baca Kebijakan Privasi dan Cookie.