--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Pengertian Sistem

Pengertian sistem menurut KBBI adalah perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Berikut ini adalah beberapa definisi sistem menurut para ahli, sehingga Anda akan lebih mengerti mengenai bahasan ini.

Pengertian Sistem

1. H. M. Jogiyanto

H. M. Jogiyanto 1 (2005: 1-2) mengatakan bahwa:

Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu.

Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

2. Wikipedia

Menurut Wikipedia 2 ,

Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.

Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak.

3. Anatol Raporot

Menurut Anatol Raporot (2002: 32),

Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.

4. L. Ackof

L. Ackof (2000: 35) menjelaskan bahwa:

Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.

5. O’Brien dan Marakas

O’Brien dan Marakas (2008: 24) berpendapat bahwa definisi sistem adalah:

sekumpulan komponen yang saling terkait, dengan batas jelas, bekerja bersama untuk mencapai tujuan dengan menerima input dan menghasilkan output dalam proses transformasi terorganisir.

6. Williams dan Sawyer

Williams dan Sawyer (2007: 552) menjelaskan bahwa:

sistem adalah kumpulan dari komponen-komponen yang saling berhubungan yang saling berinteraksi untuk melakukan suatu tugas untuk mencapai suatu tujuan.

7. Jerry Fitzgerald

Jerry Fitzgerald (2004: 20) mengemukakan bahwa:

sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sana untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu.

8. Drs. Zulkifli Amsyah

Drs. Zulkifli Amsyah (2000: 06) menjelaskan bahwa:

sistem adalah kumpulan elemen yang9 saling berinteraksi membentuk kesatuan, dalam interaksi yang kuat maupun lemah dengan pembatas yang jelas.

9. Bennet

Bennet (2010: 22) memaparkan bahwa

sistem adalah suatu kumpulan yang kompleks dan saling berinteraksi apabila mereka menjadi satu kesatuan.

10. Edhy Sutanta T.

Edhy Sutanta T. (2004: 15) memiliki pemikiran bahwa:

sistem adalah suatu totalitas yang terdiri dari komponen-komponen dan unsur-unsur yang saling berinteraksi menuju suatu tujuan tertentu.

 

Selain pengertian sistem menurut para ahli di atas, di bawah ini adalah beberapa pendapat lain yang Trigonal Media kutip dari beberapa sumber:

  • Ludwig von Bartalanfy
    Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
  • Susanto (2000)
    Sistem adalah kumpulan dari subsistem atau bagian atau komponen apapun baik fisik ataupun non-fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan tertentu.
  • L. James Havery
    Menurutnya sistem adalah prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.
  • John McManama
    Menurutnya sistem adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efesien.
  • C.W. Churchman
    Menurutnya sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang dikoordinasikan untuk melaksanakan seperangkat tujuan.
  • J.C. Hinggins
    Menurutnya sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang saling berhubungan.
  • Edgar F. Huse dan James L. Bowdict
    Menurutnya sistem adalah suatu seri atau rangkaian bagian-bagian yang saling berhubungan dan bergantung sedemikian rupa sehingga interaksi dan saling pengaruh dari satu bagian akan mempengaruhi keseluruhan.
  • Bie Slank
    Sistem adalah sekumpulan unsur/elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan.
  • Ahli Artikel
    sistem diartikan sebagai suatu rangkaian susunan yang berkesinambungan dan saling berkaitan, teratur dan menyeluruh (global).
  • Jagat Sistem Informasi
    Indrajit (2001: 2), sistem adalah kumpulan-kumpulan dari komponen-komponen yang memiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya.
    Lani Sidharta (1995: 9), sistem adalah himpunan dari bagian-bagian yang saling berhubungan, yang secara bersama mencapai tujuan-tujuan yang sama.
    Murdick R. G. (1991: 27), sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk kumpulan atau prosedur-prosedur atau bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan bagian atau tujuan bersama dengan mengoperasikan data dan/atau barang pada waktu rujukan tertentu untuk menghasilkan informasi dan/atau energi dan/atau barang.
    Davis G. B. (1991: 45), sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang beroperai bersama-sama untuk menyelesaikan suatu sasaran.

 

Dari beberapa definisi sistem di atas, maka Bang Fuji menyimpulkan bahwa:

Sistem adalah himpunan unsur-unsur saling berkaitan yang bekerja secara harmonis untuk mencapai tujuan tertentu.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Jogiyanto. (2005). Analisia dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi
2. Wikipedia. Sistem. Diakses pada tanggal: 12/10/2016
3. Berbagai sumber 
Gambar: 
Dokumen pribadi