Bahaya Memakai Baju Baru yang Tidak Dicuci Dulu

Bahaya Memakai Baju Baru yang Tidak Dicuci Dulu

Langsung memakai baju baru tanpa dicuci terlebih dahulu ternyata memiliki bahaya tersembunyi, terutama bagi kesehatan kulit. Berikut ini adalah beberapa penjelasannya, yang Trigonal Media kumpulkan dari berbagai sumber.

Bahaya Memakai Baju Baru yang Tidak Dicuci

Sudah maklum kita ketahui bahwa baju baru memiliki wangi yang khas dan menenangkan, selain itu memiliki tingkat kerapian yang baik, karena dirawat dengan baik oleh para penjualnya. Tidak sedikit dari kita yang memilih untuk langsung memakainya karena berbagai alasan, seperti tidak sempat mencucinya atau tidak sabar untuk segera memakainya.

Padahal ternyata, terdapat banyak bahaya ringan dan serius yang mengancam kesehatan setiap orang yang memakai baju baru tanpa mencucinya terlebih dahulu.

Seorang ahli tekstil bernama Lana Hogue memberikan fakta-fakta yang cukup mengejutkan sebagai berikut:

  • tidak mencuci baju yang baru Anda beli akan meningkatkan risiko terkena virus atau bakteri dari pengunjung toko lain yang sebelumnya mencoba pakaian tersebut.
  • banyak bahan kimia yang digunakan industri pakaian yang sangat berbahaya bagi manusia, salah satunya adalah formaldehid atau lebih populer dengan sebutan formalin yang bisa memicu kanker.
  • mungkin saja terdapat partikel berbahaya yang menempel pada permukaan kain selama proses pengemasan atau distribusi.
  • bahan pewarna kain biasanya tidak begitu baik bagi kesehatan kulit, terutama kulit sensitif.

Jadi bagi sebagian dari kita yang memiliki kebiasaan untuk langsung memakai pakaian baru tanpa mencucinya terlebih dahulu, harus mengubah kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Berbagai ancaman penyakit mulai dari penyakit kulit ringan sampai kanker bisa saja timbul dari kebiasaan buruk tersebut.

Terutama bagi bayi, karena daya tahan tubuh dan kulitnya yang masih sensitif membuat bayi sangat rentan terpapar penyakit. Tentu kita tidak ingin sang buah hati mendadak sakit karena keteledoran kita sebagai orang tua.

Mungkin ada yang bilang, “Ah, sampai sekrang tidak ada penyakit yang menyerang saya karena memakai baju baru tanpa dicuci”. Bang Fuji cuma bisa bilang, “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Tidak ada salahnya untuk berhati-hati daripada harus merasakan akibat yang mungkin timbul dari kebiasaan tidak mencuci baju baru.

Jadi mari ketika mengubah kebiasaan kita, demi kesehatan keluarga dan diri kita sendiri.

Bagaimana menurut Anda tentang keharusan mencuci baju sebelum memakainya? Silakan tulis pendapat Anda di kolom komentar.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Mohon konsultasikan dengan tenaga ahli sebelum menggunakan informasi dari artikel ini. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul akibat dari pemakaian informasi ini. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Bang Fuji sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Hestianingsih. Bahayanya Pakai Baju Baru Tanpa Dicuci Terlebih Dahulu. Diakses pada tanggal: 21/06/2016
2. Sumber lainnya  
Gambar:
Dokumen pribadi

dimuat...
Admin
Ordinary boy (not yet a man), happy husband, and proud dad. Sering nongkrong di blog pribadinya: Blog Bang Fuji

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed