--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Alun-Alun Ciamis

Alun-alun Ciamis merupakan tempat masyarakat Ciamis maupun pelancong untuk berwisata dan melepas lelah. Tempatnya yang strategis dan asri, disertai dengan fasilitas yang cukup lengkap membuatnya jadi tempat keramaian yang digemari. Silakan simak ulasan Trigonal Media berikut ini.

alun alun ciamis

Ciamis merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat. Dengan luas wilayah Ciamis yang cukup besar, maka Ciamis memiliki banyak objek wisata yang cukup beragam, mulai dari wisata pegunungan sampai wisata air. Salah satu dari sekian banyak objek wisata yang menarik di Ciamis adalah objek wisata Alun-alun Ciamis.

Alun-alun Ciamis atau dulu dikenal pula dengan nama Taman Rafflesia. Asal muasal penamaan Taman Rafflesia sendiri, karena di Ciamis, tepatnya di Pangandaran, terdapat bunga langka Rafflesia Arnoldi. Tetapi sejak tahun 2012, Pangandaran telah memisahkan diri dan membentuk Kabupaten Pangandaran, oleh karena itu pemerintah Kabupaten Ciamis akan mengubah nama Taman Rafflesia menjadi Taman Galuh Priangan.

Hampir setiap hari Alun-alun Ciamis ramai dikunjungi, terutama pada sore hari. Sedangkan pada hari libur biasanya sudah ramai sejak pagi hari. Pada malam minggu, kawula muda terutama komunitas pencinta motor, sering kali menghabiskan waktunya di Alun-alun Ciamis.

Jadi apabila Anda sedang di Ciamis, tidak ada salahnya untuk istirahat sebentar dan menikmati wisata kuliner dan rekreasi yang murah meriah.

Fasilitas 

Alun-alun Ciamis menyediakan wisata kuliner yang menggiurkan, mulai dari jajan pasar, seperti gehu, bala-bala, sampai bubur ayam yang buka 24 di restoran Pusaka Ciamis (Haji Etom). Ada pula wisata rekreasi, terutama bagi anak-anak, seperti Deldom (Delman Domba). Alun-alun Ciamis dikelilingi tempat-tempat penting di Ciamis, seperti Gedung DPRD Ciamis, Pendopo Ciamis, Kantor Pos Ciamis, Mini Market, Ciamis Mall, Toserba Yogya, Toserba Pajajaran, dan Mesjid Agung Ciamis.

 

Alamat

Menemukan Alun-alun Ciamis sangatlah mudah, karena berada di pusat kota. Jika Anda masih tersesat, silakan bertanya ke orang Ciamis yang ganteng dan cantik, pasti dijawab dengan sopan dan diberi bonus senyuman. He he he ...

Untuk penampakan via satelit, silakan lihat tampilannya di Google Maps berikut ini:

 

Dokumentasi Foto

Pusat Alun-alun Ciamis_www.trigonalworld.com  Suasana Alun-alun Ciamis di sore hari

Pedagang Kaki Lima dengan latar Mesjid Agung Ciamis_www.trigonalworld.com

Pedagang kaki lima dengan latar Mesjid Agung Ciamis

Sudut Alun-alun Ciamis_www.trigonalworld.com

Dikejauhan tampak megatron di sudut halaman gedung DPRD Ciamis

Jajaran pedang alun-alun Ciamis_www.trigonalworld.com

Kegiatan masyarakat menikmati sore di Alun-alun Ciamis

Delma Domba Alun-alun Ciamis_www.trigonalworld.com

Ikon Kabupaten Ciamis, Deldom atau Delman Domba

 

Anda bebas menggunakan dan menyebarluaskan artikel di halaman ini secara wajar serta tidak untuk kegiatan ilegal, tapi mohon sertakan tautan hidup ke situs web ini. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Wikipedia. 2014. Kabupaten Ciamis: id.wikipedia.org  
Gambar:
1. Dokumen pribadi
2. santrialhaz.blogspot.com
3. achoey.wordpress.com