--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Cara memperbaiki file MKV

Cara memperbaiki file mkv memang cukup sulit. Kerusakan file, terutama disebabkan oleh proses unduh yang tidak benar atau lengkap. Berikut penjelasan Trigonal Media mengenai cara memperbaiki video mkv yang rusak.

video

Anda pernah memiliki file video atau video musik yang tidak bisa diputar karena rusak atau corrupt? Cukup menyebalkan memang jika video yang sudah kita download sekian lama ternyata tidak bisa diputar. Meskipun file telah berhasil di-download sepenuhnya, terkadang susah sekali untuk diputar atau bahkan tidak bisa diputar sama sekali.

Untuk itulah software Meteorite hadir. Meteorite merupakan software yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki file mkv yang rusak atau korup, terutama file video High Definition (HD). Meteorite merupakan software open source, sehingga bisa kita gunakan secara gratis. Kelebihan Meteorite Project adalah software ini mendukung sistem operasi Windows, Mac, dan Linux sekaligus.

Pembuat software ini bernama Erdem U. Altinyurt, seorang ahli komputer berkebangsaan Turki. Selain mengembangkan Meterorite, dia juga mengembangkan beberapa software perbaikan video lainnya.

Perangkat lunak Meteorite ini juga sangat mudah untuk digunakan, jadi saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar tentang cara menggunakannya.

Anda hanya perlu seret dan lepas (drag and drop) video ke atas program Meteorite ini.

Satu hal yang perlu diingat, software Meteorite ini tidak menjamin 100% dapat memperbaiki setiap video mkv yang rusak. Software ini hanyalah software alternatif, bagi Anda yang malas men-download lagi file video yang rusak. Jadi, jika software ini tidak bisa memperbaiki video Anda, saya sarankan Anda untuk men-download kembali file yang rusak tersebut. Memperbaiki file mkv yang rusak memang susah-susah gampang.

Pada saat artikel ini ditulis, versi yang paling baru adalah versi 0.11 Beta yang dibuat pada tahun 2011. Jadi jangan heran, jika banyak bug yang belum diperbaiki dan mungkin tidak akan pernah diperbaiki.

Itulah salah satu cara untuk memperbaiki file mkv yang tidak bisa diputar. Jika software ini berhasil atau ternyata gagal memperbaiki video Anda, jangan sungkan untuk menuliskan pengalaman Anda di kolom komentar. Terima kasih.

 

DOWNLOAD

Meteorite (2 MB)

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengutip artikel ini, mohon sertakan tautan hidup ke situs web atau halaman ini. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
Erdem U. Altinyurt. 2011. Meteorite: mkvrepair.com  
Gambar:
pixabay.com