--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Pengertian Manajemen

Manajemen adalah proses untuk memastikan supaya sebuah organisasi atau perusahaan bisa bekerja dengan cepat dan segera. Pengertian manajemen tersebut adalah menurut Saunders College of Business 1. Berikut ini adalah definisi manajemen menurut para ahli dan sumber tepercaya.

Pengertian Manajemen
Pengertian Manajemen

Manajemen Menurut Siswanto

Siswanto (2005: 7) menjabarkan bahwa

Manajemen adalah ilmu dan seni untuk melakukan tindakan guna mencapai tujuan.

Manajemen Menurut Terry

Terry (1992: 1) menjelaskan

Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan suatu kelompok orang ke arah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata.

Manajemen Menurut Munir

Munir (2009: 9) menyatakan

Manajemen adalah sebagai suatu proses yang diterapkan oleh individu atau kelompok dalam upaya-upaya koordinasi untuk mencapai suatu tujuan.

Manajemen Menurut Holt

Holt (dalam Winardi, 2000:25) menjelaskan bahwa

Management is the process of planning, organizing, financial and information resources is an organizational environment (Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengaturan, keuangan dan sumber daya informasi suatu lingkungan organisatoris).

Manajemen Menurut Pangabean

Mutiara S. Pangabean (2004:13), menjelaskan bahwa

Manajemen adalah suatu proses yang terdiri atas fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan, dan pengendalian sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara efisien.

Manajemen Menurut Hasibuan

Menurut Hasibuan (2000:1), menyatakan bahwa

Manajemen adalah ilmu dan seni untuk mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu.

Manajemen Menurut Sudarmo

Sudarmo (1997:9) memberikan paparan bahwa

Manajemen adalah ilmu tentang upaya manusia untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

 

Dari beberapa pendapat di atas maka menurut Bang Fuji, manajemen adalah ilmu dan keterampilan untuk mengatur serta memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya dengan efisien, untuk mencapai target yang telah ditentukan.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Saunders College of Business. What is Management?. Diakses pada tanggal: 15/12/2015
2. ____. 313111104_Bab2.pdf. Diakses pada tanggal: 15/12/2015
3. ____. Bab%202.pdf. Diakses pada tanggal: 15/12/2015
4. ____. content%201.pdf. Diakses pada tanggal: 15/12/2015 
Gambar:
Dokumen pribadi