--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Pengertian Komunikasi

Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami, ini merupakan pengertian menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Berikut ini adalah beberapa pengertian komunikasi menurut para ahli.

Pengertian Komunikasi

Widjada

Widjada (2008:1) memberikan penjelasan pengertian komunikasi sebagai berikut:

Komunikasi adalah hubungan kontak antar dan antara manusia baik individu maupun kelompok.

Ruslan

Menurut Ruslan (2008:83),

Komunikasi merupakan alat yang penting dalam fungsi public relations.

Suprapto

Sedangkan Suprapto (2011:6) berpendapat bahwa:

Komunikasi adalah suatu proses interaksi yang mempunyai arti antara sesama manusia.

William Albig

William Albig dalam Djoernasrih (1991: 16) menjelaskan:

Komunikasi adalah proses penyampaian dan penerimaan lambang-lambang yang mengandung makna di antara individu-individu.

Onong Uchjana Effendy

Onong Uchjana Effendy (2001:2) berpendapat bahwa:

komunikasi adalah suatu proses memberi sinyal menurut aturan-aturan tertentu, sehingga dengan cara ini sistem dapat didirikan, dipelihara dan diubah.

Harold D Lasswell

Harold D Lasswell dalam Effendy (1999: 10) mengemukakan:

cara yang tepat untuk menerangkan suatu tindakan komunikasi adalah dengan menjawab pertanyaan: siapa yang menyampaikan (komunikator), apa yang disampaikan (pesan), melalui saluran apa (media), kepada siapa (komunikan) dan apa pengaruhnya (efek).

Raymond S. Ross

Raymond S. Ross (1983: 8) menjelaskan:

komunikasi sebagai suatu proses menyortir, memilih, dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa, sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh sang komunikator.

Lawrence Kincaid

Lawrence Kincaid dalam Wiryanto (2004: 6-7) menyatakan bahwa:

komunikasi adalah suatu proses di mana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi antara satu sama lain, yang pada gilirannya terjadi saling pengertian yang mendalam.

Effendy

Effendy (1993: 91) memberikan penjabaran bahwa:

Pada hakikatnya komunikasi adalah proses pernyataan antar manusia, berupa pikiran atau perasaan seseorang atau sekelompok orang kepada orang atau kelompok lain dengan menggunakan lambang-lambang yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.

Pawito dan Sardjono

Pawito dan Sardjono (1994) menjelaskan:

komunikasi sebagai suatu proses dengan mana suatu pesan dipindahkan (lewat suatu saluran) dari suatu sumber kepada penerima dengan maksud mengubah perilaku, perubahan dalam pengetahuan, sikap dan atau perilaku lainnya. Sekurang-kurangnya didapati 4 (empat) unsur utama dalam model komunikasi yaitu sumber (the source), pesan (the message), saluran (the channel) dan penerima (the receiver).

Nimmo

Nimmo (1993: 6) memberikan pandangannya sebagai berikut:

Komunikasi adalah proses interaksi sosial yang digunakan orang untuk menyusun makna yang merupakan citra mereka mengenai dunia (yang berdasarkan itu mereka bertindak) dan untuk bertukar citra itu melalui simbol-simbol.

 

Menurut Bang Fuji sendiri, definisi komunikasi adalah hubungan antara satu orang dengan orang lain atau kelompok yang memiliki persamaan bahasa dan maksud untuk mencapai tujuan tertentu.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
Berbagai sumber
Gambar:
Tomat Hijau