--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Widget Penghitung Penayangan Artikel Untuk Blogspot

Widget penghitung penayangan artikel untuk blogspot berguna untuk menayangkan jumlah penayangan (page view) dari sebuah artikel. Sebenarnya, blogspot atau blogger sendiri sudah menyediakan widget penayangan, tetapi widget itu menghitung semua penayangan, tidak khusus pada satu artikel saja. Anda tertarik membuat widget penghitung pageview ini? Berikut Trigonal Media berikan tutorialnya.

penghitung

Widget ini sangat penting, karena tentu saja sebagai admin situs web, kita ingin mengetahui seberapa sering artikel kita dikunjungi. Walaupun sebenarnya Google Analytic, Histats, dan Blogspot sudah memberikan fasilitas penghitung penayangan tapi yang ini jauh lebih “keren”!

Tutorial ini berasal dari blogger India bernama Anuj, tetapi sayang blognya sudah dihapus sehingga saya tidak bisa memberikan link ke blognya. Dan perlu Anda ketahui bahwa script ini open source, sehingga bisa Anda kembangkan menurut selera Anda. Untuk demo penampakannya, bisa Anda lihat di bawah judul artikel ini.

Sebelum kita mulai, perlu Anda perhatikan bahwa widget ini hanya bisa berfungsi jika Anda memiliki hosting sendiri dengan akses cPanel. Jika Anda belum memilikinya, silakan memesan hosting di penjual langganan Anda. Saya sendiri menggunakan jasa Hosting Ceria.

Cara membuat Post View Counter untuk Blogger

1. Download script-nya disini: counter.zip (1 KB)

2. Buka cPanel Anda dan buat database dari tab MySQL® Databases dengan nama sesuai keinginan Anda, tapi untuk kali kita namakan bloggercounter. Jangan lupa buat juga MySQL Users-nya (jika belum punya).

3. Buka tab phpMyAdmin di cPanel Anda, klik database bloggercounter, kemudian klik tab SQL, dan paste-kan kode berikut pada kolom yang tersedia:

CREATE TABLE `bloggercounter`.`counter` (

`SN` BIGINT NOT NULL AUTO_INCREMENT ,

`name` VARCHAR( 1000 ) NOT NULL ,

`hit` BIGINT NOT NULL DEFAULT '1',

PRIMARY KEY ( `SN` )

) ENGINE = MYISAM

4. Kemudian klik Go

5. Ekstrak file yang sudah di-download pada langkah pertama tadi. Buka file counter.php dengan text editor (disarankan Notepad++), dan edit kode berikut ini:

$username = "YOUR-USERNAME"; // Enter Your Username and Password Here
$password = 'YOUR-PASSWORD'; // Enter Your Username and Password Here
$database = 'YOUR-COUNTER-DATABASE';  //Enter Your Database Name Here
$table = "YOUR-COUNTER-TABLE"; //Enter Your Counter Table Name Here

  • Ganti YOUR-USERNAME dengan username MySQL Users Anda.
  • Ganti YOUR-PASSWORD dengan password MySQL Users Anda.
  • Ganti YOUR-COUNTER-DATABASE dengan bloggercounter (lihat langkah 2).
  • Ganti YOUR-COUNTER-TABLE dengan counter atau dengan nama sesuai keinginan Anda.

6. Upload counter.php ke server Anda.

7. Masukkan kode di bawah ini, di mana pun dalam template Anda (kode dapat diubah sesuai keinginan Anda). Jangan lupa untuk mengganti ALAMAT_HOSTING dengan alamat hosting Anda.

Dilihat sebanyak: <b><script src='http://ALAMAT_HOSTING/counter.php' type='text/javascript'/></b> kali

 

Jika Anda masih pusing, jangan khawatir, saya juga waktu pertama kali membuat widget post view counter ini tidak langsung berhasil. Selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat! Jika Anda menemukan kesulitan, jangan sungkan untuk menuliskan pertanyaan Anda di kolom komentar.

 

Anda bebas menggunakan, mengubah, atau menyebarluaskan artikel di halaman ini, tapi mohon sertakan tautan hidup ke situs web ini. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Anuj (situs web sudah tidak aktif)
2. Andrew. 2009. Individual Post Views Counter For Blogger - Using Your Own Web Host: webupd8.org
Gambar:
en.wikipedia.org