Skip to main content

Pola Buang Air pada Bayi

Pola buang air pada bayi dapat dipelajari untuk membantu meringankan tugas para orang tua dalam mengurus bayi mereka. Berikut ini adalah penjelasan singkat yang berhasil Trigonal Media sarikan dari berbagai sumber.

Pola Buang Air pada Bayi

Buang air yang terlatih atau terkendali merupakan suatu keterampilan fisik dan motorik yang harus dicapai oleh bayi. Kemampuan untuk mengendalikan buang air ini, sangat tergantung pada kematangan otot dan motivasi yang mereka miliki.

Bayi yang baru lahir belum bisa mengendalikan buang airnya, sehingga pola buang airnya tidak dapat diprediksi. Pada masa ini orang tua harus siap dan sigap untuk mengganti popok atau pakaian bayi yang basah.

Perlu diingat bahwa pemakaian popok bayi sekali pakai sangat tidak dianjurkan, kecuali dengan petunjuk dokter maupun petugas kesehatan. Hal ini karena, kulit bayi masih sangat sensitif sehingga bisa saja dapat menyebabkan kemerahan bahkan luka.

Pada usia 4 bulan, mulailah pola buang airnya dapat diprediksi karena mulai membentuk pola. Orang tua harus mengenali tanda-tanda yang diberikan si bayi, seperti mimik muka, gerak tangan, dan sebagainya.

Pengendalian pola buang air besar dimulai pada usia 6 bulan, sedangkan kebiasaan pengendalian buang air besar yang hampir sempurna baru terbentuk pada akhir masa bayi.

Pada bayi, pengendalian buang air kecil mulai pada usia 15 sampai 16 bulan, namun sampai akhir masa bayi pengendalian buang air kecil ini belum terbentuk dengan sempurna. Fakta-fakta tersebut di atas, sejalan dengan pendapat ahli yang bernama Hurlock (1980).

 

Itulah penjelasan mengenai pola buang air bayi yang berhasil Trigonal Media rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menghubungi kami. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Mohon konsultasikan dengan tenaga ahli sebelum menggunakan informasi dari artikel ini. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul akibat dari pemakaian informasi ini. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Trigonal Media sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi