--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Pengertian Kognitif Menurut Para Ahli

Pengertian kognitif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah berhubungan dengan atau melibatkan kognisi; berdasar kepada pengetahuan faktual yang empiris. Untuk lebih jelasnya, silakan simak beberapa definisi kognitif lainnya berikut ini.

Pengertian Kognitif Menurut Para Ahli

Selain pengertian di atas, terdapat juga beberapa pengertian kognitif menurut para ahli lain yang berhasil Trigonal Media kumpulkan berikut ini:

1. Myers

Menurut Myers (1996) menyatakan bahwa:

cognition refers to all the mental activities associated with thinking, knowing, and remembering.

dengan terjemahan bebasnya sebagai berikut:

kognisi mengacu pada semua aktivitas mental yang berkaitan dengan berpikir, memahami, dan mengingat.

2. Margaret W. Matlin

Sependapat dengan Myers, Margaret W. Matlin (1994) berpendapat bahwa:

cognition, or mental activity, involves the acquisition, storage, retrieval and use of knowledge.

dengan terjemahan bebasnya sebagai berikut:

kognisi atau aktivitas mental melibatkan kegiatan memperoleh, menyimpan, mencari, dan menggunakan ilmu pengetahuan.

3. Drever

Dalam buku “Dictionary of Psycology” karya Drever yang dikutip oleh Kuper (2000), menyebutkan bahwa:

kognisi adalah istilah umum yang mencakup segenap model pemahaman, yaitu persepsi, imajinasi, penangkapan makna, penilaian, dan penalaran.

4. Chaplin

Menurut Chaplin (2002) dalam bukunya “Dictionary of Psycology”, menyebutkan bahwa:

kognisi adalah konsep umum yang mencakup semua bentuk pengenal, termasuk di dalamnya mengamati, melihat, memperhatikan, memberikan, menyangka, membayangkan, memperkirakan, menduga, dan menilai.

5. Anonim

Secara lengkap, pengertian kognitif adalah

Sebuah istilah yang digunakan oleh psikolog untuk menjelaskan semua aktivitas mental yang berhubungan dengan persepsi, pikiran, ingatan, dan pengolahan informasi yang memungkinkan seseorang memperoleh pengetahuan, memecahkan masalah, dan merencanakan masa depan, atau semua proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari, memperhatikan, mengamati, membayangkan, memperkirakan, menilai, dan memikirkan lingkungannya.

Sedangkan menurut Trigonal Media, kognitif adalah semua hal yang berhubungan dengan aktivitas mental dalam hal ini daya nalar, seperti memperoleh, menyimpan, mencari, dan menggunakan ilmu pengetahuan.

Itulah penjelasan mengenai definisi kognitif menurut para ahli yang berhasil Trigonal Media rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menghubungi kami. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Trigonal Media sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi