Faktor-Faktor yang Memengaruhi Hasil Belajar

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Hasil Belajar

Banyak faktor yang memengaruhi hasil belajar, secara garis besar faktor-faktor tersebut adalah faktor internal yang berasal dari dalam diri, yaitu sikap, minat, bakat, motivasi, kesiapan mental dan faktor lainnya yang semuanya berasal dari dalam diri sendiri. Faktor eksternal (bersumber dari luar diri sendiri), seperti tempat belajar, sarana belajar, bahan pelajaran, personel, kurikulum, metode pembelajaran, dan sebagainya. Kedua faktor ini sangat dominan dan berpengaruh terhadap proses dari hasil belajar.

Sardiman mengemukakan bahwa:

Kehadiran faktor-faktor psikologis dalam belajar akan memberikan andil yang cukup penting, faktor-faktor psikologis akan senantiasa memberikan landasan dan kemudahan dalam upaya mencapai tujuan belajar secara optimal. Sebaliknya, tanpa kehadiran faktor-faktor psikologis, bisa jadi memperlambat proses belajar, bahkan dapat pula menambah kesulitan dalam belajar. (Sardiman, 1998:58).

Faktor psikologis pada umumnya meliputi: kemampuan, motivasi (motif) belajar, minat dan perhatian, sikap dan kebiasaan, bakat khusus dan kesiapan belajar. Sedangkan faktor fisiologis adalah kondisi fisik siswa itu sendiri.

  1. Faktor kemampuan
    Kemampuan dalam belajar secara sempit dapat diartikan sebagai intelegensi atau kecerdasan, faktor ini memainkan peranan yang sangat besar dalam proses belajar sekaligus mempengaruhi terhadap tinggi rendahnya atau berhasil tidaknya dari kegiatan belajar. Nana Sudjana mengatakan bahwa faktor kemampuan siswa besar sekali pengaruhnya terhadap hasil belajar yang dicapai. (Sudjana, 1989:39)
  2. Faktor minat dan perhatian
    Minat dan perhatian merupakan dua hal yang saling berkaitan. Perhatian sering kali ditimbulkan oleh adanya minat terhadap suatu bahan yang dipelajari. Minat pada dasarnya merupakan perhatian yang khusus. Minat adalah kecenderungan yang agak menetap dalam subjek merasa tertarik pada bidang/hal tertentu dan merasa senang berkecimpung dalam bidang itu. (Winkel, 1996:30). Sedangkan perhatian maksudnya adalah pemusatan energi psikis yang tertuju pada objek pelajaran atau dapat dikatakan sebagai banyak sedikitnya kesadaran yang menyertai belajar. (Sardiman, 1998:44)
  3. Faktor bakat
    Bakat adalah salah satu kemampuan manusia untuk melakukan sesuatu kegiatan dan sudah ada sejak manusia itu ada. Bakat pada dasarnya dekat dengan persoalan inteligensi yang merupakan struktur mental yang melahirkan kemampuan sesuatu, dengan demikian bakat mempengaruhi terhadap keberhasilan belajar. (Sardiman, 1998:45)
  4. Faktor kesiapan belajar
    Kesiapan belajar pada dasarnya merupakan kapasitas atau kemampuan potensial fisik maupun mental untuk belajar, disertai harapan keterampilan yang dimiliki dan latar belakang untuk mengerjakan sesuatu. Seseorang dikatakan siap untuk belajar bila mempunyai kemauan untuk melakukannya dan mempunyai harapan keterampilan tertentu yang akan dimiliki sesudah mempengaruhi terhadap keberhasilan belajar.
    Adapun faktor luar yang mempengaruhi terhadap proses dan hasil belajar meliputi faktor lingkungan dan meliputi lingkungan sosial dan lingkungan alam. Kemudian juga faktor instrumen yang meliputi: bahan pengajaran/kurikulum, guru/pengajar, metode dan teknik mengajar, sarana dan fasilitas belajar dan sebagainya.


Itulah penjelasan mengenai faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar yang berhasil Trigonal Media rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Trigonal Media sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
Berbagai sumber 
Gambar:
canva.com

Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Komentar

Tambah Komentar

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed