Selamat datang di Trigonal Media

Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Demokrasi adalah gagasan atau pandangan hidup yang mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama bagi semua warga negara. 1 Di bawah ini, beberapa pengertian demokrasi menurut para ahli dan sumber tepercaya.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Demokrasi berasal dari bahasa Yunani Kuno, yakni demos yang artinya rakyat atau orang banyak, dan kratos artinya kekuasaan. Jadi, demokrasi menurut bahasa Yunani Kuno adalah kekuasaan yang berada di tangan rakyat.

Secara umum, demokrasi adalah sistem pemerintahan yang diterapkan dalam sebuah negara berdasarkan aspirasi rakyat, atau seperti yang diungkapkan oleh Abraham Lincoln yaitu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Demokrasi dianggap sebagai suatu sistem pemerintahan yang dijalankan melalui proses pemilihan yang dilakukan secara jujur dan terbuka.

Menurut Plato

Menurut Plato, demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan yang pemerintahannya dipegang oleh rakyat dan dijalankan untuk kepentingan rakyat.

Menurut Sidney Hook

Sidney Hook menyatakan bahwa

demokrasi merupakan bentuk pemerintahan yang keputusan-keputusan pemerintah yang penting, baik secara langsung atau tidak langsung, didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas kepada rakyat dewasa.

Menurut Henry B. Mayo

Henry B. Mayo menyatakan bahwa

sistem politik demokrasi adalah sistem yang menunjukkan bahwa kebijaksanaan umum ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diwarisi secara efektif oleh rakyat dalam pemilihan-pemilihan berkala yang didasarkan atas prinsip kesamaan politik dan diselenggarakan dalam suasana terjaminnya kebebasan politik.

Menurut C.F. Strong

C.F. Strong berpendapat bahwa

demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan dengan minoritas anggota berasal dari masyarakat politik, yang ikut serta atas dasar sistem perwakilan yang menjamin bahwa pemerintahan akhirnya mempertanggungjawabkan tindakan-tindakan kepada mayoritas.

Menurut Samuel Huntington

Menurut Samuel Huntington,

sistem politik demokrasi adalah ketika para pembuat keputusan kolektif yang paling kuat dalam sistem itu, di pilih melalui pemilihan umum yang adil, jujur, dan berkala dan di dalam sistem itu para calon bebas bersaing untuk memperoleh suara dan hampir semua penduduk dewasa berhak memberikan suara.

Menurut Abraham Lincoln

Sedangkan Abraham Lincoln menyatakan,

demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Rakyat adalah pemegang kekuasaan tertinggi atau kedaulatan tertinggi di Negara tersebut. Pemerintahan yang menempatkan rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Pemerintahan demokrasi dapat dinyatakan pula sebagai sistem pemerintahan kedaulatan rakyat.

 

Dari beberapa pengertian di atas, maka Trigonal Media menyimpulkan bahwa pengertian demokrasi adalah sebuah sistem pemerintahan yang berasal dari rakyat, dilakukan oleh rakyat, dan diperuntukkan untuk rakyat dengan pemilihan umum yang adil, jujur, dan berkala.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Kamus Besar Bahasa Indonesia
2. Yuditya Dian Sukma. Demokrasi dan Pendidikan Demokrasi. Diakses pada tanggal: 21/03/2016
3. Amanda Rizki Yuanita. Demokrasi Indonesia. Diakses pada tanggal: 21/03/2016
Gambar: 
Dokumen pribadi

Perhatian:
1. Silakan gunakan akun Facebook jika ingin berkomentar.
2. Isi komentar adalah tanggung jawab dari penulis komentar.
3. Komentar tidak pantas akan dihapus tanpa pemberitahuan.
4. Punya pertanyaan pribadi? Kontak kami di Hubungi Kami.
5. Info mengenai privasi Anda, baca Kebijakan Privasi dan Cookie.