Selamat datang di Trigonal Media

Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Kegunaan Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum Mill)

Sebagian masyarakat menggunakan buah tomat untuk terapi pengobatan karena mengandung karotin yang berfungsi sebagai pembentuk provitamin A dan Lycoppen yang mampu mencegah kanker. Berikut ini adalah beberapa kegunaan tomat yang lainnya.

Kegunaan Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum Mill)

Sebagai salah satu bahan untuk terapi pengobatan alami, buah tomat berkhasiat untuk mencegah dan mengobati radang usus buntu, membantu penyembuhan penyakit rabun senja, mengobati penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C, membantu mengobati penyakit gigi dan gusi, mempercepat penyembuhan luka, mengobati jerawat, mencegah pembentukan batu empedu pada saluran kencing, membantu penyembuhan penyakit skorbut, menjaga stamina, serta membantu penyembuhan liver, encok, TBC, dan asma. (Wiryanta, 2002: 5).

Penelitian yang pernah dilakukan oleh Dr. Michael Avira (Wiryanta, 2002: 5), Kepala Lipid Research Laboratory di Technion Institute of Technology dan Rabam Medical Centre, Hifa, Israel, membuktikan bahwa pemberian 60 mg lycoppen selam 3 bulan terhadap 30 orang, bisa mengurangi 14% kepadatan plasma kolesterol  LDL (Low Density Lipoprotein) di dalam pembuluh darah. Plasma kolesterol LDL adalah salah satu kolesterol atau kadar lemak yang terdapat di dalam tubuh manusia.

Keadaan lingkungan yang cocok untuk tanaman tomat menurut Trisnawati Setiawan (2002: 12) adalah sebagai berikut:

  1. Tomat dapat tumbuh baik pada tanah yang derajat keasamannya (pH) antara 5,5-65.
  2. Tomat tumbuh baik ditanam di dataran rendah maupun di dataran tinggi dengan ketinggian berkisar antara 1-500 meter di atas permukaan laut.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Trisnawati, Y. dan Setiawan, A. Iwan, 2001, Budidaya Tanaman Tomat, Penebar Swadaya, Jakarta.
2. Wiryanta, Bernardrinus T. Wahyu, 2002, Bertanam Tomat, Agro Media Pustaka, Jakarta. 
Gambar:
Dokumen pribadi

Perhatian:
1. Silakan gunakan akun Facebook jika ingin berkomentar.
2. Isi komentar adalah tanggung jawab dari penulis komentar.
3. Komentar tidak pantas akan dihapus tanpa pemberitahuan.
4. Punya pertanyaan pribadi? Kontak kami di Hubungi Kami.
5. Info mengenai privasi Anda, baca Kebijakan Privasi dan Cookie.