--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Pengertian Matematika Menurut Para Ahli

Pengertian matematika menurut para ahli akan membantu Anda lebih mengerti tentang apa itu matematika. Matematika memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Berikut penjelasan Trigonal Media mengenai definisi matematika.

matematika

Matematika adalah cabang ilmu pengetahuan yang sangat penting dan sangat berperan dalam perkembangan dunia. Untuk mengetahui matematika lebih jauh, kita harus mengetahui pengertian matematika itu sendiri.

Pengertian Matematika menurut Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)

Kurikulum Berbasis Kompetensi1 atau Kurikulum 2004 menyatakan bahwa

matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sudah diterima sehingga keterkaitan antara konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas.

Pengertian Matematika menurut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan2 atau Kurikulum 2006 menyatakan bahwa

matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang, dan diskrit. Untuk mengusai dan menciptakan teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.

Pengertian Matematika menurut James dan James

Dalam kamus matematikanya, Glenn James dan Robert C. James3 menyatakan bahwa

matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan besaran, dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan jumlah yang banyak yang terbagi ke dalam tiga bidang, yaitu aljabar, analisis dan geometri.

Pengertian Matematika menurut Johnson dan Rising

Dalam bukunya Guidelines for Teaching Mathematics, Johnson dan Rising4 mengatakan bahwa

matematika adalah pola berpikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang logis, matematika itu adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas dan akurat, representasinya dengan simbol dan padat, lebih berupa simbol mengenai ide daripada bunyi.

Pengertian matematika menurut Kneebone

Kneebone5 menyatakan bahwa

matematika hanyalah studi tentang struktur abstrak, atau pola formal keterhubungan. 

 

Jadi merujuk pada beberapa pendapat pakar di atas, dapat kita simpulkan bahwa matematika adalah

ilmu tentang logika yang dibangun melalui penalaran deduktif dan dijabarkan dengan simbol atau bahasa simbol yang terdefinisikan secara sistematik, antara satu konsep dengan konsep yang lain saling berkaitan dan pembuktian matematika dibangun dengan penalaran deduktif.

 

Itulah pendapat beberapa pakar matematika mengenai definisi matematika. Jika Anda memiliki pendapat lain, jangan sungkan menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Anda bebas menggunakan dan menyebarluaskan artikel di halaman ini untuk tujuan pendidikan serta tidak untuk kegiatan ilegal, tapi mohon sertakan tautan hidup ke situs web ini. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Kementerian Pendidikan Nasional. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. ____
2. Kementerian Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. ___
3. Glenn James, Robert C. James. 1976. Mathematics Dictionary. New Jersey: John Wiley & Sons
4. Johnson dan Rising. 1972. Guidelines for Teaching Mathematics. California: Wadsworth publishing Company, Inc.
5. Kneebone, G.T. 2001. Mathematical Logic and the Foundations of Mathematics : An introductory Survey Dover Publications. New York: Dover Publications
Gambar:
pixabay.com