--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Fungsi dan Peranan Sekolah dalam Pendidikan

Ditinjau dari kedudukan keluarga, lembaga yang disebut sekolah itu mewakili orang tua atau keluarga dalam mendidik anak. Ini berarti bahwa sekolah berfungsi untuk mendidik anak supaya ia mampu kelak menghadapi kehidupan setelah anak itu mencapai kedewasaannya.

Fungsi dan Peranan Sekolah dalam Pendidikan

Oleh karena itu pula, sekolah disebut suatu lembaga pendidikan. Pada mulanya fungsi sekolah itu terbatas pada beberapa kecakapan (seperti membaca, menulis, dan berhitung), tetapi karena kemajuan yang didapat umat manusia dalam ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan dirasa perlu agar sekolah tidak hanya mengajarkan menulis, membaca, dan berhitung tetapi juga keterampilan tertentu dan mata pelajaran lain yang berhubungan dengan kemajuan yang telah dicapai serta dianggap sebagai keharusan untuk dikuasai oleh generasi mendatang.

Karena sekolah memberikan pengajaran dan pendidikan yang bersesuaian dengan taraf perkembangan masyarakat padahal kebanyakan keluarga masih tertinggal dalam hal taraf pendidikan, maka timbul anggapan bahwa seluruh pendidikan anak-anak menjadi tugas dan tanggung jawab sekolah.

Akibat munculnya anggapan tersebut, maka timbullah sikap yang memercayakan segala aspek pendidikan anak kepada sekolah sehingga banyak orang tua melepaskan diri dari tanggung jawab pendidikan anaknya.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi