--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Tugas Guru Sebagai Pembimbing

Dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari, terkadang guru harus menghadapi siswa-siswa yang mengalami kesulitan. Untuk menghadapi hal tersebut guru harus mengadakan pendekatan secara pribadi untuk membimbing siswa.

Tugas Guru Sebagai Pembimbing

Tujuan bimbingan yang dilakukan guru adalah untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan, sehingga siswa tersebut dapat menyelesaikan sendiri kesulitan yang dihadapinya. Jadi perlu ditekankan bahwa bukan guru yang memecahkan kesulitan tersebut, tetapi guru mendorong untuk membesarkan hati serta memberikan beberapa jalan keluar dari masalah siswa tersebut.

Lain halnya jika ternyata masalah siswa tersebut sangat pelik atau bahkan mengancam keselamatannya, maka tugas guru sebagai pembimbing tidak berlaku lagi, tetapi tugas guru sebagai orang tua dan sebagai manusia yang menjunjung nilai-nilai kemanusiaan lebih berperan di sini.

Siswa harus terlebih dahulu disadarkan tentang keadaannya, bahwa setiap orang memiliki kelebihan, kekurangan, dan masalahnya masing-masing. Hal ini bertujuan agar siswa tersebut dapat memahami dan menerima keadaan dirinya sendiri.

Siswa pun harus dibantu untuk memahami keadaan lingkungannya, seperti lingkungan keluarga dan teman-temannya. Pada tahap ini, kejelian guru dalam memahami tingkat kejiwaan anak sangatlah penting, terutama bagi guru yang memiliki siswa dalam masa remaja.

Setelah bimbingan tersebut maka siswa diharapkan:

  1. siswa dapat memahami dirinya sendiri
  2. siswa dapat menyesuaikan dengan lingkungan hidupnya
  3. siswa dapat mengembangkan segala kemampuannya secara optimal
  4. siswa dapat mengambil keputusan-keputusan dalam memecahkan persoalan

Jadi tujuan bimbingan adalah membantu individu yang menghendakinya dalam usaha mengembangkan dirinya secara optimal, baik sebagai makhluk individu maupun sosial.

Kesulitan yang dihadapi siswa dapat dibagi ke dalam 2 kelompok yaitu:

  1. kesulitan yang berhubungan dengan pelajaran
    yaitu kesulitan siswa dalam menyerap pelajaran yang diberikan oleh guru.
  2. kesulitan pribadi
    yaitu kesulitan yang dimiliki siswa dalam kapasitasnya sebagai individu dan makhluk sosial.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
Berbagai sumber
Gambar:
Dokumen pribadi