--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Jenis-Jenis Penelitian

Jenis-jenis penelitian berdasarkan pendapat Profesor Sutrisno Hadi, MA. adalah sebagai berikut:

Jenis-Jenis Penelitian

1. Menurut bidangnya

Jenis penelitian berdasarkan bidangnya adalah sebagai berikut:

2. Menurut tempatnya

Jenis penelitian berdasarkan tempatnya adalah sebagai berikut:

  • penelitian laboratorium,
  • penelitian perpustakaan,
  • penelitian kancah

3. Menurut pemakaiannya

Jenis penelitian berdasarkan pemakaiannya adalah sebagai berikut:

  • penelitian murni (dasar)
  • penelitian terapan (terpakai)

4. Menurut tujuan umumnya

Jenis penelitian berdasarkan tujuan umumnya adalah sebagai berikut:

  • penelitian eksploratif,
  • penelitian perkembangan,
  • penelitian verifikatif

5. Menurut tarapnya

Jenis penelitian berdasarkan tarafnya adalah sebagai berikut:

  • penelitian inferensial

6. Menurut pendekatannya

Jenis penelitian berdasarkan pendekatannya adalah sebagai berikut:

  • penelitian longitudinal,
  • penelitian cross sectional

Sedangkan menurut Prof. Dr. Winarno Surachmad, M.Sc. Ed., jenis-jenis penelitian dapat pula dikelompokkan berdasarkan pada sifat-sifat masalahnya, yaitu sebagai berikut:

  1. penelitian historis (historical research)
    penelitian historis adalah penelitian yang bertujuan untuk merekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif dengan cara mengumpulkan, mengevaluasi, memverifikasi, dan mensistematiskan bukti-bukti untuk menegakkan fakta dan memperoleh kesimpulan yang dihubungkan dengan fakta yang ada pada masa sekarang dan proyeksi masa depan.
  2. penelitian deskriftif (descriptive research)
    penelitian deskriptif adalah penelitian yang berusaha untuk menurutkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data.
  3. penelitian perkembangan (developmental research)
    penelitian perkembangan adalah penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki pola dan urutan pertumbuhan atau perubahan sebagai fungsi waktu.
  4. penelitian kasus dan penelitian lapangan (case study and field research)
    penelitian kasus dan penelitian lapangan adalah penelitian yang dilakukan untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungan suatu unit sosial, individu, kelompok, lembaga, atau masyarakat.
  5. penelitian korelasional (correlational research)
    penelitian korelasional adalah penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki sejauh mana variasi-variasi pada suatu faktor berkaitan dengan variasi-variasi pada satu atau lebih faktor lain berdasarkan pada koefisien korelasi.
  6. penelitian kausal komparatif (causal comparative research)
    penelitian kausal komparatif adalah penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat berdasarkan pengamatan terhadap akibat yang ada, mencari kembali fakta yang mungkin menjadi penyebab melalui data tertentu.
  7. penelitian eksperimental sungguhan (true experimental research)
    penelitian eksperimental sungguhan adalah penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki kemungkinan adanya hubungan sebab akibat dengan cara menghubungkan kepada satu atau lebih kelompok eksperimental, satu atau lebih kondisi perlakuan dari membandingkan hasilnya dengan satu atau lebih kelompok kontrol yang tidak dikenai kondisi perlakuan.
  8. penelitian eksperimental semu (quasi experimental research)
    penelitian eksperimental semu adalah penelitian yang bertujuan untuk memperoleh informasi yang merupakan perkiraan bagi informasi yang dapat diperoleh dengan eksperimen yang sebenarnya dalam keadaan tidak memungkinkan untuk mengontrol atau memanipulasikan semua variabel yang relevan.
  9. penelitian tindakan (action research)
    penelitian tindakan adalah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan atau cara pendekatan baru dan untuk memecahkan masalah dengan penerapan langsung di dunia kerja atau dunia aktual yang lain.

 

Itulah penjelasan mengenai macam-macam penelitian yang berhasil Bang Fuji rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Bang Fuji sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi