--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Pola Tidur dan Bangun pada Bayi

Pola tidur dan bangun pada bayi wajib diketahui oleh para orang tua, karena memegang peranan sangat penting tidak saja untuk masa kini tetapi juga untuk masa depan bayi tersebut kelak. Berikut ini adalah penjelasan Trigonal Media mengenai hal ini.

Pola Tidur dan Bangun pada Bayi

Selain untuk berpikir, otak juga berperan untuk mengontrol keadaan tidur dan bangun manusia, begitu pun pada bayi.

Bayi yang tidur secara teratur akan mendapatkan waktu istirahat fisik yang cukup. Selain itu, tidur juga berfungsi untuk meningkatkan rangsangan internal, yang pada akhirnya dapat mendorong perkembangan otak bayi yang sehat.

Bayi baru lahir akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Rata-rata waktu tidur bayi yang baru lahir adalah 16 sampai 17 per hari. Tetapi jangan khawatir jika waktu tidur bayi lebih sedikit atau lebih banyak, hal ini normal dan bisa saja terjadi.

Lama waktu tidur bayi lambat laun akan berkurang seiring dengan pertambahan usianya, biasanya lama waktu tidurnya akan berkurang secara teratur setiap bulan.

Sebagai gambaran umum, silakan simak fakta mengenai pola tidur bayi menurut Seifert & Huffnung (1994) serta Santrock (1995) berikut ini:

  1. Pada usia 1 bulan, umumnya bayi tidur lebih lama pada malam hari
  2. Pada usia 4 bulan, pola tidur bayi akan hampir menyamai pola tidur orang dewasa yaitu tidur terlama di malam hari dan beraktivitas terlama di siang hari
  3. Pada usia 6 bulan, lama tidur bayi sekitar 13 sampai 14 jam per hari
  4. Pada usia 24 bulan, lama tidur bayi hanya sekitar 11 sampai 12 jam per hari

Itulah penjelasan mengenai pola tidur atau pola bangun pada bayi yang berhasil Trigonal Media rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menghubungi kami. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Mohon konsultasikan dengan tenaga ahli sebelum menggunakan informasi dari artikel ini. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul akibat dari pemakaian informasi ini. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Trigonal Media sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi