--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Refleks Menghisap dan Mencari pada Bayi

Refleks menghisap dan refleks mencari pada bayi merupakan refleks dasar yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup bayi tersebut. Berikut ini beberapa penjelasan tentang kedua refleks tersebut yang berhasil Trigonal Media kumpulkan dari berbagai sumber.

Refleks Menghisap dan Mencari pada Bayi

Refleks mencari

Refleks mencari pada bayi terlihat ketika pipi bayi disentuh kemudian dia merespons dengan memalingkan kepala ke arah pipi yang disentuh tersebut. Refleks mencari ini membantu bayi untuk mencari payudara ibunya.

Refleks menghisap

Sebuah anugerah dari Tuhan YME, bayi yang baru lahir diberikan karunia kemampuan refleks menghisap. Bayi akan secara otomatis menghisap benda yang ditempatkan dimulutnya.

Oleh karena itulah, bayi akan segera menghisap dengan kuat dan berirama jika diberikan puting susu ibunya atau dot susu.

Perlu diketahui bahwa refleks mencari dan menghisap ini akan berangsur-angsur menghilang, terutama jika bayi telah berusia sekitar 4 bulan. Kemudian bayi pun belajar untuk menggunakan mulutnya sebagai media untuk mempelajari objek-objek baru. Inilah alasan mengapa bayi sangat suka memasukkan benda ke dalam mulutnya.

Seorang dokter spesialis anak bernama T. Berry Brazelton, melakukan penelitian terhadap perilaku anak tersebut dan menemukan kesimpulan bahwa:

  1. Isapan bayi akan berubah ketika dia bertambah dewasa.
  2. Lebih dari 85% bayi yang sering menghisap, ternyata tidak melakukannya untuk mendapatkan makanan, tetapi hanya untuk kesenangan.
  3. Sebagian besar bayi akan menghentikan perilaku menghisap tersebut pada usia 1 tahun.

 

Itulah penjelasan mengenai refleks mencari atau menghisap pada bayi yang berhasil Trigonal Media rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menghubungi kami. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Mohon konsultasikan dengan tenaga ahli sebelum menggunakan informasi dari artikel ini. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul akibat dari pemakaian informasi ini. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Trigonal Media sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar: 
Dokumen pribadi