Skip to main content

Pengertian Minat

Pengertian minat menurut Elizabeth B. Hurlock dalam Meitasari Tjandarasari (1990) adalah sumber motivasi yang mendorong orang untuk melakukan apa yang mereka inginkan pada saat mereka memiliki kebebasan untuk memilih. Hal ini dapat diartikan sebagai suatu petunjuk apakah seorang anak lebih memilih untuk bermain atau belajar dalam mengisi waktu luangnya. Untuk lebih jelasnya, silakan simak beberapa definisi minat lainnya berikut ini.

Pengertian Minat

Hurlock kemudian menambahkan bahwa minat merupakan sumber motivasi yang mendorong orang untuk melakukan apa yang mereka inginkan bila mereka bebas memilih. Jadi bisa kita simpulkan secara sederhana yaitu suatu kegiatan tidak akan berjalan dengan lancar apabila tidak ada minat atau motif itu akan bangkit apabila ada minat yang besar. Minat memainkan peran yang penting dalam kehidupan seseorang dan mempunyai dampak yang besar atas perilaku dan sikap.

1. Broughton

Menurut Broughton (1981),

sebagai aspek kejiwaan minat dapat diartikan kecenderungan yang dimiliki oleh seseorang untuk mengerjakan atau mencapai tujuan tertentu.

Tujuan yang ingin dicapai tentunya beragam wujudnya, bergantung kepada luas sempitnya wawasan seseorang dalam hidupnya dan sebagainya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa setiap minat akan dapat memuaskan kebutuhan dan jika kebutuhan itu semakin kuat maka akan kuat dan bertahan minat tersebut, selanjutnya semakin sering minat diekspresikan dalam kegiatan, semakin kuatlah ia (Meitasari Tjandarasa, 1990).

2. Nasution

Lebih lanjut tentang pengertian minat diungkapkan oleh Nasution (1970: 25), bahwa:

minat adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan bagi seseorang dalam melakukan kegiatan dengan baik, sebagai sesuatu aspek kejiwaan, minat bukan saja dapat mewarnai perilaku seseorang, tetapi lebih dari itu minat mendorong untuk melakukan sesuatu kegiatan dan menyebabkan seseorang menaruh perhatian dan merelakan dirinya untuk tertarik pada suatu kegiatan.

Dalam kaitannya dengan masa kanak-kanak, minat menjadi sumber motivasi yang kuat untuk belajar. Anak yang berminat pada sebuah kegiatan, baik permainan maupun pekerjaan, akan berusaha lebih keras untuk belajar menguasai hal yang menarik baginya.

Ciri-ciri minat anak yang dikemukakan oleh Elizabeth B. Hurlock adalah sebagai berikut:

  1. Minat tumbuh bersamaan dengan perkembangan fisik dan mental.
  2. Minat bergantung pada kesiapan belajar.
  3. Minat bergantung pada kesempatan belajar. Kesempatan belajar bergantung pada lingkungan dan minat, dan pada anak-anak usia sekolah dasar, minat tersebut dapat dipastikan tumbuh di rumah tempat mereka tinggal.
  4. Perkembangan minat dapat dibatasi oleh beberapa faktor seperti ketidakmampuan fisik dan mental serta kemampuan ekonomi keluarga dalam mendukung perkembangan minat anak.
  5. Selain itu, minat juga dipengaruhi oleh budaya. Dalam hal ini, budaya keluarga dan kebiasaan keluarga sangatlah penting dalam mendukung perkembangan minat anak.

Sedangkan menurut Trigonal Media, minat adalah

keinginan dan kecenderungan hati yang kuat terhadap sesuatu.

Itulah penjelasan mengenai apa itu minat yang berhasil Trigonal Media rangkumkan.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Trigonal Media sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
canva.com