Kegunaan Hasil Penelitian

Kegunaan Hasil Penelitian

Sebuah penelitian yang baik, selain harus memiliki ciri-ciri kegiatan penelitian juga harus menghasilkan kegunaan yang tidak saja bermanfaat bagi peneliti tetapi juga pihak lain. Berikut ini adalah beberapa kegunaan hasil penelitian, yaitu sebagai berikut:

Kegunaan Hasil Penelitian

1. Dokumentasi

Hasil penelitian harus bisa digunakan sebagai dokumentasi yang menjelaskan segala sesuatu yang berkenaan objek penelitian dengan sedetail mungkin, seperti potensi objek penelitian, keuntungan ekonomi di masa datang, bahaya yang mungkin timbul, dan lain sebagainya.

2. Alat diagnosis

Hasil penelitian harus dapat dijadikan sebagai alat untuk mendiagnosis potensi kerusakan atau pun menentukan penyebab kerusakan dari objek penelitian, sehingga dapat dengan mudah mencari solusi yang paling efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Referensi kebijakan pemerintah

Hasil penelitian yang baik bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan bagi pemerintah ketika akan membuat suatu kebijakan atau peraturan. Misalnya, hasil penelitian menyimpulkan bahwa penambangan pasir sungai bisa menyebabkan pengikisan dinding sungai maka pemerintah membuat peraturan untuk melarang penambangan pasir sungai.

4. Rujukan bagi kepentingan bidang lain

Hasil penelitian yang mumpuni bisa menjadi bahan rujukan bagi bidang ketika akan melakukan kegiatan. Misalnya hasil penelitian potensi ekonomi tanaman eceng gondok bisa dipakai oleh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian mereka.

 

Itulah penjelasan mengenai guna hasil penelitian yang berhasil Bang Fuji rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Bang Fuji sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Ayam Bakakak

dimuat...
Admin
Ordinary boy (not yet a man), happy husband, and proud dad. Sering nongkrong di blog pribadinya: Blog Bang Fuji

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool