14 Kesalahan Fatal Blogger Pemula

14 Kesalahan Fatal Blogger Pemula

Kesalahan fatal blogger pemula memang kerap kali terjadi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan pengalaman para blogger tersebut. Berikut ini Trigonal Media berikan ringkasan mengenai kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh para blogger newbie ini.

kesalahan blogger

Dunia blog seperti menjadi dunia kedua bagi para penikmat internet. Karena dengan membuat blog, maka seseorang seperti membuktikan eksistensinya, selain itu juga dapat dijadikan sumber penghasilan yang cukup menggiurkan. Itulah sebabnya, banyak sekali blogger-blogger baru bermunculan, tetapi sebagian besar dari mereka sering melakukan kesalahan fatal tanpa mereka sadari.

Di sini saya tidak berbicara sebagai seorang blogger senior atau bahkan profesional, ilmu saya masih jauh dari itu. Saya hanya menyampaikan informasi ini dari hasil sharing dengan para master blogger, baca dari panduan Google, dan pengalaman pribadi.

Berikut adalah beberapa kesalahan fatal yang sering dilakukan blogger pemula:

  1. Link Exchange atau saling tukar link
    Inilah kesalahan paling umum yang dilakukan oleh para blogger pemula. Saling tukar menukar link memang cukup “berbahaya”, bahkan Google memberikan perhatian tentang hal ini di artikel Link Schemes. Backlink yang baik adalah yang satu arah dan natural.
  2. Banyak memasang widget yang tidak penting
    Banyak memasang widget yang tidak begitu penting, bukan saja tidak disukai oleh mesin pencari tetapi juga oleh pengunjung blog kita. Semakin banyak widget yang kita pasang, maka waktu loading blog akan semakin lama. Kita semua tahu bahwa mesin pencari tidak menyukai blog dengan waktu loading yang lama. Contoh lainnya: pengunjung blog mengunjungi blog kita untuk mencari informasi atau hiburan, jadi kenapa kita memasang widget jam? Bukankah sudah ada jam di setiap komputer? Kenapa juga kita pasang widget lagu? Selain menghabiskan kuota internet pengunjung, belum tentu pengunjung menyukai lagu yang diputar.
  3. Terlalu banyak pop-up
    Pop-up adalah widget yang tanpa diminta muncul di tengah layar monitor dan menghalangi isi dari blog itu sendiri. Pop-up yang paling mengganggu yaitu iklan yang susah ditutup, apalagi jika lebih dari satu. Pop-up sangat tidak nyaman bagi pengunjung blog, ingat mereka adalah manusia yang bisa kesal, mungkin saja mereka akan langsung menutup browser dan tidak akan pernah mau lagi berkunjung ke blog kita.
  4. Plagiat
    Ini dia penyakit yang susah dihilangkan dari blogger, baik itu blogger pemula bahkan blogger senior. Intinya hargai karya orang lain, cantumkan sumber dari artikel kita, dan akan lebih baik lagi apabila tidak mengutip seluruh artikel, kutip yang pentingnya saja.
  5. Isi artikel ilegal
    Apabila kita ingin blog kita berumur panjang dan ingin memasang iklan Google Adsense dengan aman, maka jangan pernah buat artikel yang ilegal. Saya pernah menulis artikel tentang software bajakan dan gambar artis yang ternyata dilindungi hak cipta, hasilnya blog saya di-banned Google Adsense bahkan akun Google saya terancam dihapus.
  6. Sering utak-atik template
    Ngoprek template adalah hal yang mengasyikkan, tetapi jika terlalu sering melakukannya, apalagi sampai tampilan blog berantakan akan merugikan kita sendiri. Jadi, jika ingin ngoprek template blog, buat saja blog yang khusus untuk dioprek, kalau sudah puas dengan hasilnya maka langsung terapkan di blog utama.
  7. Menulis artikel terlalu fokus pada jumlah kata
    Pada artikel panduan SEO untuk pemula, saya pernah menuliskan bahwa artikel yang baik adalah yang minimal memiliki 300 kata. Tetapi, jangan terlalu fokus pada hal itu, lebih fokuslah untuk membuat artikel yang akan disukai oleh pembaca. Jangan sampai Anda membuat artikel dengan kata-kata yang tidak penting, hanya untuk mengejar jumlah kata minimal.
  8. Blogging untuk mendapatkan uang banyak dengan mudah
    Menjadi blogger untuk kaya itu sah-sah saja. Tetapi harus diingat, bahwa menjadi kaya dari ngeblog itu tidak mudah, membutuhkan proses yang cukup sulit. Untuk sukses dari ngeblog, mungkin membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, tergantung usaha dan do'a kita. Kerja itu tidak mudah, begitu juga dengan ngeblog.
  9. Terlalu banyak berpikir dan tidak segera melakukan tindakan
    Saya masih ingat ketika pertama kali ngeblog dan membaca artikel dari para master tentang teknik-teknik ngeblog. Saya terkesima dan tak sadar, bahwa saya menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membaca dan memikirkan teknik tersebut, tanpa sempat untuk menerapkan apa yang telah saya baca. Jadi, jika Anda mendapatkan ilmu dari seorang master, jangan berpikir terlalu lama, segera terapkan ilmu tersebut.
  10. Terlalu banyak membuat blog
    Ingat, kita ini manusia yang memiliki keterbatasan. Tidak mungkin kita bisa mengatur lebih dari 100 blog dalam sehari. Tanyakan kepada diri Anda, berapa blog yang sanggup Anda atur dalam sehari tanpa harus mengganggu kehidupan pribadi Anda. Di sini saya bicara dalam konteks blogger manual dan tidak menggunakan software yang secara otomatis membuat artikel.
  11. Tidak konsisten menerbitkan artikel
    Ini adalah penyakit para blogger yang cukup berbahaya. Cukup sulit memang jika kita harus selalu konsisten untuk terus menulis artikel. Tetapi analoginya begini, jika artikel yang kita terbitkan adalah nafas kita, maka jika kita terlalu lama tidak menerbitkan artikel, kita akan mati kehabisan nafas. Sebaliknya, jika kita terlalu sering menerbitkan artikel maka kita akan cepat lelah. Jadi berapa kali sebaiknya kita menerbitkan artikel? Saya pribadi memilih sehari satu artikel.
  12. Tidak mengedit artikel sebelum diterbitkan
    Artikel yang baik adalah artikel yang mendekati sempurna. Untuk itu, periksalah kembali artikel yang akan Anda terbitkan, baik itu dari kesalahan pengetikan, tata bahasa, tautan, dan lain sebagainya.
  13. Tidak memedulikan proses
    Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, menjadi master blogger itu butuh proses dan proses itu terkadang membutuhkan waktu yang lama. Jangan menyerah untuk terus belajar dan belajarlah dengan santun. Jangan pernah memaksa orang untuk mengajari Anda, gunakan Google dan bermainlah dengan kata kuncinya, maka Anda akan mendapatkan hampir semua jawaban atas pertanyaan Anda.
  14. Tidak fokus pada satu tema
    Ini adalah kesalahan mendasar, yang saya sendiri melakukannya. Membuat blog dengan tema gado-gado, memang lebih mudah karena kita bebas memilih artikel yang akan kita tulis, tetapi blog tersebut akan sulit berkembang dan mendapatkan pengunjung setia. Contohnya, pengunjung yang tertarik dengan artikel SEO akan kecewa ketika melihat artikel terbaru dan artikel populer Anda ternyata membahas politik.
    Lalu bagaimana jika Anda tetap ingin menulis berbagai macam tema? Maka buat blog lagi sesuai dengan tema yang ingin Anda tulis. Tapi semua itu kembali pada passion Anda, selama bikin blog gado-gado itu nyaman, kenapa ga? blog ini juga gado-gado hehehe.


Itulah beberapa kesalahan fatal para blogger pemula. Kesalahan tersebut sangatlah manusiawi, karena setiap individu akan terus belajar dan terus bertambah pengetahuannya seiring dengan berjalannya waktu. Jika Anda memiliki saran atau kritik mengenai artikel ini, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengutip artikel ini, mohon sertakan tautan hidup ke situs web atau halaman ini. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Henneke. 2013. 11 Common Blogging Mistakes That Are Wasting Your Audience’s Time: copyblogger.com
2. Nguyen Vuong. 2014. 5 Common Mistake A New Blogger Frequently Make: shoutmeloud.com 
Gambar:
flickr.com

dimuat...
Admin
Ordinary boy (not yet a man), happy husband, and proud dad. Sering nongkrong di blog pribadinya: Blog Bang Fuji

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool