--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Peranan Guru

Peranan guru artinya keseluruhan tingkah laku yang harus dilakukan guru, melaksanakan tugasnya sebagai guru. Guru mempunyai peranan yang luas baik di sekolah, di dalam keluarga, maupun di masyarakat.

guru

Di sekolah ia berperan sebagai perancang pengajaran, pengelola pengajaran, penilai hasil pembelajaran siswa, pengarah pembelajaran dan sebagai pembimbing siswa. Sedangkan di masyarakat guru berperan sebagai pembina masyarakat (social developer), pendorong masyarakat (social encourager), penemu masyarakat (social inovator) dan sebagai agen masyarakat (social agent). Guru yang baik dan efektif ialah guru yang dapat memainkan semua peranan-peranan itu secara baik.

Menurut Surya (1998:98) mengemukakan bahwa dalam hubungannya dengan aktivitas pengajaran dan administrasi pendidikan, lebih jauh guru berperan sebagai :

  1. Pengambil inisiatif, pengarah dan penilai aktivitas-aktivitas pendidikan.
  2. Wakil masyarakat di sekolah, artinya guru berperan sebagai pembawa suara dan kepentingan masyarakat dalam pendidikan.
  3. Seorang pakar dalam bidangnya, yaitu ia menguasai bahan yang harus diajarkannya.
  4. Penegak disiplin, yaitu guru harus menjaga agar siswa-siswa melaksanakan disiplin.
  5. Pelaksanaan administrasi pendidikan yaitu guru bertanggung jawab agar pendidikan dapat berlangsung dengan baik.
  6. Pemimpin generasi muda, artinya guru bertanggung jawab untuk mengarahkan perkembangan siswa sebagai generasi muda yang akan menjadi pewaris masa depan.
  7. Penerjemah kepada masyarakat, yaitu guru berperan untuk menyampaikan berbagai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
pixabay.com