--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Tips Tidur Berkualitas

Tips tidur yang berkualitas ini, sengaja Trigonal Media sajikan untuk Anda yang mengalami masalah dengan tidur atau pun sering diserang insomnia. Silakan simak ulasannya supaya Anda bisa tidur dengan nyenyak.

tidur

1. Buatlah jadwal tidur

Pergilah tidur pada waktu yang sudah ditetapkan setiap malam dan bangunlah pada waktu yang sama setiap pagi. Mengganggu jadwal ini, dapat menyebabkan insomnia.

"Tidur telat" pada akhir pekan, juga membuat lebih sulit untuk bangun lebih awal pada Senin pagi, karena tubuh harus menata siklus tidurnya kembali.

2. Rutin berolahraga

Cobalah untuk berolahraga 20 sampai 30 menit setiap hari. Latihan yang dilakukan rutin setiap hari dapat membantu untuk tidur lebih nyenyak, tetapi harus diingat olahraga yang dilakukan beberapa saat sebelum tidur malah dapat mengganggu tidur. Untuk manfaat maksimal, cobalah untuk melakukan olahraga sekitar 5 sampai 6 jam sebelum tidur.

3. Hindari kafein dan nikotin

Hindari minuman yang mengandung kafein, yang bertindak sebagai stimulan dan membuat terjaga. Sumber kafein di antaranya adalah kopi, cokelat, minuman ringan, teh non-herbal, obat diet, dan beberapa penghilang rasa sakit.

4. Bersantai sebelum tidur

Mandi, membaca, atau rutinitas santai lain dapat membuat lebih mudah untuk tidur. Buatlah semacam rutinitas santai sebelum Anda pergi tidur.

5. Atur suhu kamar Anda

Suhu kamar tidur yang nyaman akan membuat Anda lebih cepat tertidur.

6. Temui dokter jika masalah tidur Anda berlanjut

Jika Anda sulit tidur setiap malam, atau jika Anda selalu merasa lelah dan sangat mengantuk pada hari berikutnya, maka Anda mungkin memiliki gangguan tidur dan harus melihat dokter. Kebanyakan gangguan tidur dapat diobati secara efektif.

 

Itulah beberapa cara agar tidur nyenyak. Jika Anda memiliki cara lain untuk dapat tidur dengan mudah, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Mohon konsultasikan dengan tenaga medis atau ahli sebelum menggunakan tips dari artikel ini. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul akibat dari pemakaian informasi ini. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. ninds.nih.gov. Brain Basics: Understanding Sleep. Diakses pada tanggal: 9/03/2015
2. Aweisenfels. File:Sleep woman.jpg. Diakses pada tanggal: 9/03/2015