--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Ciri-Ciri Hipotesis yang Baik

Ciri-ciri hipotesis yang baik merupakan sebuah keharusan bagi sebuah penelitian yang baik. Sebuah penelitian tidak akan bisa dibilang baik jika tidak memiliki hipotesis yang baik, begitu juga hipotesis yang baik tidak akan dihasilkan jika tidak memiliki penelitian yang baik.

Ciri-Ciri Hipotesis yang Baik

Sebagai awal mari kita bahas apa itu hipotesis. Hipotesis  adalah sesuatu yang dianggap benar untuk alasan atau pengutaraan pendapat (teori, proposisi, dan sebagainya) meskipun kebenarannya masih harus dibuktikan.

Dari pengertian di atas maka dapat kita simpulkan beberapa ciri atau tanda hipotesis yang baik itu seperti apa. Ini sangat penting sebagai rujukan untuk membuat sebuah hipotesis yang bisa dipertanggungjawabkan secara profesional.

Di bawah ini adalah 5 ciri hipotesis yang baik, sebagai berikut:

1. Merupakan hubungan antara dua variabel atau lebih

Salah satu tanda hipotesis yang baik adalah harus dapat dengan mudah membedakan antara variabel yang bebas, variabel terikat, variabel antara, dan variabel penekan.

2. Disusun dengan jelas menggunakan kalimat deklaratif

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kalimat deklaratif adalah kalimat yang ditandai intonasi turun dan pada umumnya mengandung makna yang menyatakan atau memberitahukan sesuatu, dalam ragam tulis, biasanya diberi tanda titik pada bagian akhirnya.

Contohnya:

apabila …, maka …

karena …, maka …

3. Menyatakan sesuatu yang mungkin terjadi

Karena akan digunakan sebagai pedoman untuk mencapai tujuan tertentu, maka hipotesis harus berisi sesuatu atau langkah-langkah yang bisa dijalankan.

4. Mampu menjelaskan kenyataan yang menjadi masalah utama

Hipotesis harus menjadi jalan untuk memecahkan masalah atau persoalan melalui hal-hal yang menjadi pokok masalahnya.

5. Harus dapat diuji dengan data yang ada

Hipotesis harus dapat dijalankan dengan data-data yang tersedia.

 

Itulah penjelasan mengenai ciri hipotesis yang berhasil Trigonal Media rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menghubungi kami. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Trigonal Media sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar: 
Dokumen pribadi