Pendekatan Analisis Nilai (Values Analysis Approach)

Pendekatan Analisis Nilai (Values Analysis Approach)

Pendekatan Analisis Nilai (Values Analysis Approach) merupakan suatu pendekatan yang menekankan pada pemikiran logis dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan masalah-masalah pribadi, sosial, atau politik.

Zakaria (2001) menegaskan bahwa:

Pendekatan analisis nilai (values analysis approach) memberikan penekanan pada perkembangan kemampuan siswa untuk berpikir logis, dengan cara menganalisis masalah yang berhubungan dengan nilai-nilai sosial. Jika dibandingkan dengan pendekatan perkembangan kognitif, salah satu perbedaan penting antara keduanya bahwa pendekatan analisis nilai lebih menekankan pada pembahasan masalah-masalah yang memuat nilai-nilai sosial. Adapun pendekatan perkembangan kognitif memberi penekanan pada dilema moral yang bersifat perseorangan.

Menurut Wibowo (2001) mengemukakan bahwa pendekatan analisis nilai, memungkinkan siswa menggunakan berpikir logis dan penilaian ilmiah untuk dapat memecahkan konflik moral yang ada kaitannya dengan isu-isu pribadi, sosial, ataupun politik. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pendekatan analisis nilai juga membantu siswa untuk menggunakan proses rasional analitik dalam menginterelasikan dan mengonseptualisasi nilai-nilai mereka.

Berdasarkan pendapat di atas dapat dijelaskan bahwa pendekatan analisis nilai merupakan suatu pendekatan dengan siswa menekankan berpikir logis, untuk menilai, menganalisis isu-isu pribadi, sosial, ataupun politik sehingga dapat memecahkan masalah yang berhubungan dengan masalah sosial.

Tujuan pendidikan

Menurut pendekatan analisis nilai terdapat dua tujuan utama pendidikan yaitu,

  1. membantu siswa untuk menggunakan kemampuan berpikir logis dan penemuan ilmiah dalam menganalisis masalah-masalah sosial, yang berhubungan dengan nilai moral tertentu.
  2. membantu siswa untuk menggunakan proses berpikir rasional dan analitik, dalam menghubung-hubungkan dan merumuskan konsep tentang nilai-nilai mereka.

Selanjutnya, metode-metode pengajaran yang sering digunakan adalah: pembelajaran  secara individu atau kelompok tentang masalah-masalah sosial yang memuat nilai moral, penyelidikan kepustakaan, penyelidikan lapangan, dan diskusi kelas berdasarkan kepada pemikiran rasional (Superka, et. al., 1976).

Dalam pendekatan analisis nilai ini terdapat enam langkah analisis nilai yang penting dan perlu diperhatikan dalam proses pendidikan nilai menurut pendekatan nilai (Hersh, et. al., 1980; Elias, 1989).

Enam langkah tersebut menjadi dasar dan sejajar dengan enam tugas penyelesaian masalah berhubungan dengan nilai, sebagai berikut:

1. Langkah analisis nilai:

  • Mengidentifikasi dan menjelaskan nilai yang terkait
  • Mengumpulkan fakta yang berhubungan.
  • Menguji kebenaran fakta yang berkaitan.
  • Menjelaskan kaitan antara fakta yang bersangkutan
  • Merumuskan keputusan moral sementara.
  • Menguji prinsip moral yang digunakan dalam pengambilan keputusan.

2. Tugas penyelesaian masalah:

  • Mengurangi perbedaan penafsiran tentang nilai yang terkait
  • Mengurangi perbedaan dalam fakta yang berhubungan
  • Mengurangi perbedaan kebenaran tentang fakta yang berkaitan.
  • Mengurangi perbedaan tentang kaitan antara fakta yang bersangkutan.
  • Mengurangi perbedaan dalam rumusan keputusan sementara.
  • Mengurangi perbedaan dalam pengujian prinsip moral yang diterima.

Selanjutnya Pendekatan pengungkapan nilai ini, akan membantu siswa untuk menyadari identitas dan nilai-nilai yang dimiliki serta yang dimiliki orang lain.
Pendekatan ini juga memungkinkan siswa berkomunikasi secara jujur dan terbuka. Pendekatan penanaman nilai, membantu siswa untuk mempertahankan nilai-nilai yang diinginkan.

Itulah penjelasan mengenai Pendekatan Analisis Nilai (Values Analysis Approach) yang berhasil Trigonal Media rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Trigonal Media sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Hamparan Sawah Kekeringan dan Bukit

memuat...
Lanjut
Ini Artikel Terbaru
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Komentar

Tambah Komentar

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed