Pemahaman Siswa

Pemahaman Siswa

Pemahaman siswa diartikan sebagai penguasaan konsep yang istilah sekarang disebut ketuntasan belajar atau penguasaan (hasil belajar) siswa secara penuh terhadap seluruh bahan yang dipelajari (Fauziah, 2005). Ketuntasan belajar ini diukur melalui tes hasil belajar, setelah siswa mengikuti kegiatan pembelajaran.

Tujuan dan proses pembelajaran secara ideal adalah agar bahan atau materi yang dipelajari dapat dikuasai dengan penuh oleh siswa. Hal ini oleh Nasution (Fauziah, 2005), disebut mastery learning atau belajar tuntas artinya penguasaan penuh. Bahwa jika siswa memperoleh skor hasil belajar atau menguasai materi pelajaran sebesar ≥ 65% dari skor total, maka siswa tersebut memperoleh ketuntasan belajar (belajar dengan tuntas). Sedangkan ketuntasan belajar kelompok secara klasikal diperoleh jika ≥ 85% siswa memperoleh skor ≥ 65% dari skor total.

Selanjutnya Nasution (Fauziah, 2005), menyatakan bahwa ada lima faktor yang mempengaruhi penguasaan penuh (belajar tuntas), yaitu:

  1. Bakat untuk memperoleh sesuatu
    Bakat antara lain intelegensi berpengaruh terhadap prestasi belajar. Namun, perbedaan dalam bakat antara siswa tidak menentukan tingkat penguasaan siswa, yang menentukan adalah waktu yang cukup
  2. Mutu Pengajaran
    Mutu pengajaran merujuk pada kesesuaian dan ketepatan metode mengajar yang digunakan, sehingga dapat memberi kemudahan pada siswa untuk menguasai bahan atau materi yang diajarkan
  3. Kesanggupan memahami pengajaran
    Faktor ketiga ini berkenaan dengan kemampuan siswa untuk dapat menangkap pengertian dan makna konsep/bahan ajar  yang disajikan oleh guru
  4. Ketekunan
    Ketekunan menunjukkan pada kesediaan kemampuan untuk menyediakan waktu dalam memperoleh sesuatu bahan atau materi pelajaran
  5. Waktu yang tersedia untuk belajar
    Waktu yang dimaksud, adalah berkenaan dengan waktu yang dijadwalkan untuk mempelajari sesuatu dan diperlukan oleh seseorang untuk mengerjakan tugas-tugas sehingga ia memperoleh pengalaman belajar yang cukup.

Sudjana (1989), mengemukakan bahwa hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu faktor dari dalam diri siswa itu sendiri seperti faktor kemampuan yang dimilikinya dan faktor yang datang dari luar diri siswa atau faktor lain seperti motivasi belajar, minat dan perhatian, sikap dan kebiasaan belajar, ketekunan, sosial ekonomi, faktor fisik dan psikis. Salah satu hal yang membantu meningkatkan pemahaman siswa adalah pertanyaan produktif.

Itulah penjelasan mengenai Pemahaman Siswa yang berhasil Trigonal Media rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Trigonal Media sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Rumput Hijau Segar

Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Komentar

Tambah Komentar

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed