Refleks Menghisap dan Mencari pada Bayi

Refleks Menghisap dan Mencari pada Bayi

Refleks menghisap dan refleks mencari pada bayi merupakan refleks dasar yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup bayi tersebut. Berikut ini beberapa penjelasan tentang kedua refleks tersebut yang berhasil Trigonal Media kumpulkan dari berbagai sumber.

Refleks Menghisap dan Mencari pada Bayi

Refleks mencari

Refleks mencari pada bayi terlihat ketika pipi bayi disentuh kemudian dia merespons dengan memalingkan kepala ke arah pipi yang disentuh tersebut. Refleks mencari ini membantu bayi untuk mencari payudara ibunya.

Refleks menghisap

Sebuah anugerah dari Tuhan YME, bayi yang baru lahir diberikan karunia kemampuan refleks menghisap. Bayi akan secara otomatis menghisap benda yang ditempatkan dimulutnya.

Oleh karena itulah, bayi akan segera menghisap dengan kuat dan berirama jika diberikan puting susu ibunya atau dot susu.

Perlu diketahui bahwa refleks mencari dan menghisap ini akan berangsur-angsur menghilang, terutama jika bayi telah berusia sekitar 4 bulan. Kemudian bayi pun belajar untuk menggunakan mulutnya sebagai media untuk mempelajari objek-objek baru. Inilah alasan mengapa bayi sangat suka memasukkan benda ke dalam mulutnya.

Seorang dokter spesialis anak bernama T. Berry Brazelton, melakukan penelitian terhadap perilaku anak tersebut dan menemukan kesimpulan bahwa:

  1. Isapan bayi akan berubah ketika dia bertambah dewasa.
  2. Lebih dari 85% bayi yang sering menghisap, ternyata tidak melakukannya untuk mendapatkan makanan, tetapi hanya untuk kesenangan.
  3. Sebagian besar bayi akan menghentikan perilaku menghisap tersebut pada usia 1 tahun.

 

Itulah penjelasan mengenai refleks mencari atau menghisap pada bayi yang berhasil Bang Fuji rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Mohon konsultasikan dengan tenaga ahli sebelum menggunakan informasi dari artikel ini. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul akibat dari pemakaian informasi ini. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Bang Fuji sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar: 
Dokumen pribadi

dimuat...
Admin
Ordinary boy (not yet a man), happy husband, and proud dad. Sering nongkrong di blog pribadinya: Blog Bang Fuji

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed