--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Kenalan di Facebook, Tukang Kerupuk Ini Menikahi Bule Amerika Cantik

Facebook memang hebat, selain bisa memperbanyak teman, juga bisa menjadi jalan untuk mendapatkan jodoh. Itu dibuktikan oleh pasangan suami istri, Jaja, seorang penjual kerupuk dari Ciamis dengan Tammy, seorang bule cantik dari Nevada, Amerika Serikat. Perkenalan dua insan berlatar belakang berbeda itu, berawal dari media sosial Facebook.

Tukang Kerupuk Menikahi Bule Amerika

Benar kata pepatah, ketika cinta sudah bertaut semua perbedaan pun tak akan jadi penghalang. Perbedaan profesi, jarak, usia, bahasa, dan budaya tidak menjadi jurang bagi Jaja dan Tammy untuk memadu kasih.

Jaja yang masih berusia 30 tahun dan hanya berprofesi sebagai penjual kerupuk di kecamatan Cipaku, Ciamis, ternyata bisa meluluhkan hati Tammy, 45 tahun, seorang janda beranak lima dari negara bagian Nevada, Amerika Serikat.

Facebook menjadi awal perkenalan mereka, tepatnya pada tahun 2010, dari situlah Tammy merasakan kenyamanan, dukungan, dan perhatian tulus yang diberikan oleh Jaja.

“Awalnya, saya sering curhat soal urusan pribadi kepada Jaja melalui facebook. Setelah lama berkomunikasi, dia ternyata orangnya nyaman dan enak untuk dijadikan teman curhat,” kenang Tammy.

Jaja sendiri memaparkan bahwa perjalanan cinta mereka tidak semulus yang diharapkan. Terlebih setelah Tammy berulang kali berjanji untuk datang ke Indonesia, tapi tidak kunjung dipenuhi.

“Saya pernah beranggapan hubungan kami kandas di tengah jalan gara-gara hal itu. Tapi setelah sekian lama tidak ada kontak, tiba-tiba Tammy menghubungi dan meminta untuk dijemput di Bandara. Awalnya saya tidak percaya. Tapi itu kenyataan,” katanya.

Akhirnya pada Bulan Agustus tahun 2015, Jaja bisa bertemu langsung dengan Tammy.

Dari pihak keluarga Jaja pun sebenarnya bukan tanpa ada penolakan. Mereka lebih memilih Jaja untuk menikahi perempuan Indonesia, karena latar belakang bahasa dan budaya yang mudah untuk dipahami. Tetapi karena tekad Jaja sudah bulat, akhirnya keluarganya pun mendukung dengan sepenuh hati.

Jaja mengaku sebelum melangsungkan pernikahan, dia mengajukan syarat kepada Tammy agar mau memeluk agama Islam.

“Setelah dia menyatakan bersedia masuk agama Islam, ya langsung kita menikah. Karena sebelumnya yang menjadi ganjalan hanya soal agama saja,” ujarnya.

Tammy dengan antusias mengatakan bahwa Jaja adalah orang yang mengenalkan indahnya agama Islam kepadanya. Dia pun jujur mengakui bahwa sebelum beragama Islam, dia tidak memiliki agama atau berpaham atheis.

“Setelah berkenalan dengan Jaja, baru ada keinginan masuk agama islam. Jaja pun turut mengenalkan islam kepada saya. Jadi, saya masuk islam bukan semata-mata karena menikah dengan Jaja, tetapi memang hati saya juga tertarik,” katanya.

“Terus terang, saya merasa bahagia masuk islam. Saya pun akan berusaha menjadi seorang muslim yang taat,” tambahnya.

Pasangan bahagia itu resmi menikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis pada hari Rabu tanggal 9 September 2015.

Tammy bercerita bahwa saat ini dia sedang mengurus segala sesuatu untuk bisa menjadi Warga Negara Indonesia.

“Hati saya sudah bulat ingin menjadi warga Indonesia. Sisa masa hidup saya ingin dihabiskan disini bersama suami saya.” ujarnya.

 

Kisah Jaja dan Tammy ini bisa menjadi pelajaran bagi mereka yang masih bingung untuk mendapatkan pasangan, di antaranya:

  • Wanita itu ingin didengar, jadi dengarkan dengan tulus. Jangan modus.
  • Wanita itu ingin diperhatikan, jadi berikanlah dukungan dan kasih sayang.
  • Semua perbedaan duniawi akan luluh jika cinta sejati sudah menghiasi hati.
  • Meluluhkan hati wanita itu butuh proses, waktu, dan pengorbanan.
  • Facebook bisa jadi media untuk mencari jodoh, tapi lakukanlah dengan cara yang elegan, jantan, dan penuh perhatian.
  • Wanita baik-baik itu "mahal" dan tidak akan begitu saja menanggapi perhatian dan permintaan kita.
  • Cinta memang penting, tetapi agama akan selalu lebih penting.

 

Bagaimana menurut Anda kisah cinta Jaja dan Tammy? dan pelajaran apa yang bisa kita ambil dari kisah kasih mereka?

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Edji Darsono. Begini Kisah Cinta Facebook Tukang Kerupuk Ciamis -Bule Amerika. Diakses pada tanggal: 15/12/2015
2. Edji Darsono. Kenalan di Facebook, Tukang Kerupuk di Ciamis Nikahi Bule Amerika. Diakses pada tanggal: 15/12/2015
3. Edji Darsono. Bule Amerika Istri Tukang Kerupuk Ciamis Ini Dulunya Paham Atheist. Diakses pada tanggal: 15/12/2015